Doa Nabi Musa Agar Mendapatkan Pekerjaan dan Jodoh

Doa Nabi Musa Agar Mendapatkan Pekerjaan dan Jodoh

ilustrasi doa-ist-

OKES.NEWS - Pekerjaan dan jodoh merupakan hal yang selalu dinantikan oleh setiap orang. Dalam pencariannya kita harus berusaha dan berdoa agar diberi kemudahan untuk mendapatkannya.

Doa inilah yang menjadi wasilah Nabi Musa AS mendapatkan pekerjaan sekaligus jodoh terbaik dari Allah Swt.

Alkisah ketika Nabi Musa lari dari Mesir karena ada kasus di Mesir, waktu itu Nabi Musa tidak sengaja mendorong orang Mesir dari golongan Fir’aun hingga meninggal yang saat itu sedang berkelahi dengan golongannya, bani Israil. Niat ingin memisahkan keduanya, justru Nabi Musa mendapat perkara baru.

Setelah kejadian tersebut, Nabi Musa pun lari dari Mesir dan menjadi buronan dan kejaran para tentara Fir’aun.

BACA JUGA:Kasus Bully di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang Sempat Viral Akhirnya Berujung Damai

Kemudian Nabi Musa keluar dari Kota Mesir dan tidak punya tujuan, karena Nabi Musa tidak pernah keluar dari kota tersebut, dengan persiapan yang terbatas dan perjalanan yang sangat melelahkan.

Ketika tiba di sebuah oasis di daerah Madyan, atau Yordania, Nabi Musa mendapati sekelompok orang sedang antri memberi minum ke ternak mereka.

Dan nabi Musa mendapati dibelakang sekelompok orang itu, ada dua orang perempuan yang sedang menunggu.

Lalu Nabi Musa datang dan bertanya “Apa yang bisa saya bantu ?”. Lalu kedua perempuan itu berkata “Kami, tidak bisa memberi minum ke ternak-ternak kami sampai para pengembala itu selesai dengan urusan mereka. Dan ayah kami adalah orang yang sudah tua dan tidak mampu memberi minuman kepada ternak.”

BACA JUGA:Di Tengah Konflik Palestina Isreal, Inilah Alasan Mengapa Umat Islam Harus Mencintai dan Membela Palestina

Maka Nabi Musa pun membantu kedua perempuan itu untuk memberi minum ternak mereka.

Kemudian Nabi Musa beristirahat di bawah sebuah pohon, dalam keadaan lelah, dalam keadaan haus dan lapar, lalu beliau berdoa

رَبِّ اِنِّىۡ لِمَاۤ اَنۡزَلۡتَ اِلَىَّ مِنۡ خَيۡرٍ فَقِيۡرٌ

Rabbi inni limaa anzalta ilayya min khaiirin faqiir

Artinya : “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku (Q.S Al-Qasash : 24)

Doa tersebut tercatat dalam Al-Qur’an ketika menceritakan kejadian pertemuan Nabi Musa dengan Istrinya.

BACA JUGA:Maulid Nabi Merupakan Tradisi yang Baik

Setelah doa tersebut dilantunkan, maka datanglah salah seorang dari perempuan tadi, berjalan malu-malu menghampiri Nabi Musa, dan berkata “Ayah saya mengundang engkau ke rumah untuk mengucapkan terimakasih karena kamu telah membantu kami”. Sehingga nabi Musa pun ikut perempuan ini jalan menuju ke rumahnya.

Sampai dirumahnya, Nabi Musa pun bercerita tentang kisahnya kepada ayah dari perempuan tersebut.

Lalu ketika ayah perempuan itu ke belakang bertemu putri-putrinya, salah satu anak perempuannya berkata “Wahai ayahku, pekerjakanlah laki-laki itu untuk membantu ayah. Karena laki-laki yang paling baik untuk kau pekerjakan adalah laki-laki yang kuat dan laki-laki yang baik dan amanah.”

Ayah dari perempuan tersebut, tak lain dan tak bukan adalah Nabi Syuaib. Setelah mendengar hal itu, Nabi Syuaib pun berkata pada Nabi Musa “Wahai Musa, aku ingin menikahkanmu dengan salah satu putriku. Dengan syarat, hendaklah engkau bekerja mengembala ternak bersamaku selama delapan tahun. Seandainya engkau menyempurnakan hingga sepuluh tahun maka itu adalah kemurahan darimu. Aku tidak ingin menyusahkanmu, sungguh insyaAllah engkau akan mendapatiku orang-orang yang saleh.”

BACA JUGA:Zina Dapat Membuat Miskin Permanen, Ini kata Ustadz Adi Hidayat

Akhirnya menikahlah Nabi Musa AS dengan Putri dari Nabi Syuaib AS.

Dari kisah tersebut, bagaimana kekuatan doa Nabi Musa dalam keadaan berpasrah dan berserah diri, Allah memberikan semua yang Nabi Musa AS butuhkan. Dan kita bisa mengamalkan doa tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: