Cara Agar Daging Beku yang dari Freezer Kembali Empuk dengan Cepat Untuk Dimasak

Cara Agar Daging Beku yang dari Freezer Kembali Empuk dengan Cepat Untuk Dimasak

Daging beku-ist-

OKES.NEWS - Daging beku yang baru keluar dari freezer kerap kali memakan waktu yang cukup lama untuk mencairkannya ketika akan dimasak.

Proses pencairan bahan makanan beku seperti daging dan ikan, sebelum akhirnya diolah menjadi makanan disebut juga dengan defrost atau dikenal thawing.

Kerap kali kita menggunakan metode thawing yang kurang tepat, contohnya seperti langsung merendam daging beku menggunakan air biasa dari keran agar cepat mencair, ternyata hal tersebut tidak baik.

Sebab, air mentah yang terkena daging yang beku dapat mempercepat peningkatan pertumbuhan bakteri, sehingga daging akan lebih cepat membusuk.

Juga dapat meningkatkan resiko cross contamination, yaitu selama proses pemasakan ada bakteri yang tertinggal pada alat masak atau meja dapur dan bahan masakan lainnya dari daging yang tadi.

BACA JUGA:Cara Buat Kue Hanya dari Oreo dan Susu, Simple dan Mudah !

Jadi, cara yang tepat untuk metode thawing, yaitu bukan menggunakan air panas yang baru mendidih, kita cukup menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam dan cuka.

Ambil daging yang beku dari freezer, kemudian rendam daging tersebut dengan air hangat yang telah dicampurkan 1 sendok makan garam dan 1 sendok makan, cuka makan. Rendam  selama tujuh menit saja.

Dengan cara ini memanfaatkan sifat koligatif larutan dari garam dan cuka. Sehingga kristal es yang terdapat pada daging bisa mencair dengan sangat cepat.

Cara ini juga tidak mempengaruhi rasa pada daging, juga tidak meninggalkan bau apapun pada daging.

BACA JUGA:Cara Meningkatkan Kesehatan Otak Agar Tidak Pikun!

Untuk udang dan daging seafood lainnya membutuhkan waktu perendaman hanya lima menit, dan untuk daging sapi, daging ayam, membutuhkan waktu tujuh menit.

Jadi, kita tidak perlu menunggu waktu berjam-jam untuk mencairkan daging yang beku.

Cukup gunanakan metode di atas, kamu bisa mendapatkan kembali daging ayam yang empuk untuk diolah menjadi makanan. (us)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: