6 Cara Agar AC Dingin Tapi Tidak Boros Listrik, Dijamin Berhasil!

6 Cara Agar AC Dingin Tapi Tidak Boros Listrik, Dijamin Berhasil!

Pendingin ruangan AC-ist-

OKES.NEWS - Penggunaan pendingin ruangan seperti AC, umumnya membuat tagihan listrik meningkat secara signifikan. Sebab daya listrik yang digunakan oleh AC sendiri memang tidaklah sedikit.

Pendingin ruangan AC yang apabila dinyalakan terus-menerus selama 24 jam tentu semakin membuat tagihan listrik kita membengkak.

Namun, cara ini dapat disiasati agar tagihan listrikmu tidak begitu membengkak, dan kamu tetap bisa menikmati sejuknya ruangan tanpa perlu khawatir tagihan listrik yang bergejolak.

1. Pastikan ruangan tertutup dengan tepat dan kapasitas AC mu sesuai dengan luas ruangan.

BACA JUGA:Penyebab Flek Hitam di Kulit dan Cara Mengatasi Flek Hitam secara Permanen

Apabila ruanganmu lebih luas dan besar dari ukuran standar kamar, sebaiknya gunakan AC yang 1PK, untuk ruangan seperti kamar yang ukurannya standar atau minimalis, tak masalah menggunakan AC ½ PK.

2. Atur Suhu Standar ruangan. Idealnya, suhu standar AC untuk satu ruangan yaitu 25-28 drajat celcius, sebab suhu tersebut merupakan suhu yang bisa diadaptasi oleh AC pada saat pertama kali AC dinyalakan.

Suhu tersebut umumnya 5-9 drajat lebih rendah dari suhu ruangan sebelum AC dinyalakan.

Sehingga AC pada saat awal dinyalakan, dia akan beradaptasi dengan suhu yang ada di ruangan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Aplikasi Lemon8 Bisa Hasilkan Uang dari Konten Make Up dan Skincare, ini caranya

Apabila suhu AC diatur langsung ke suhu terendahnya yaitu 16 drajat celcius, maka AC akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan suhu yang jauh berbeda dengan suhu ruangan. Hal ini yang dapat menyebabkan listrik menjadi lebih boros.

Jika suhu 25 drajat celcius dirasa kurang dingin, maka kamu dapat menurunkan suhu tersebut secara bertahap, pada suhu 22 hingga 19 drajat celcius, dalam waktu 10-15 menit setelah AC dinyalakan dengan keadaan suhu awal 25 drajat celcius.

3. Aktifkan mode swing pada AC, mode swing pada AC membuat suhu dingin tersebar lebih merata, sehingga kamu dapat merasakan dinginnya AC merata ke seluruh ruangan.

4. Hindari lepas pasang colokan AC atau sering menurunkan saklar AC. Jika melakukan hal ini membuatmu berfikir akan menghemat penggunaan daya listrik, ternyata salah besar.

BACA JUGA:Rahasia Nasi Pulen dan Tidak Cepat Basi di Rice Cooker dengan 2 Bahan Ini

Justru lepas pasang colokan AC membuat tagihan listrikmu menjadi boros, sebab tarikan listrik saat kamu memasang colokan AC, langsung terhitung berdasarkan watt AC yang kita gunakan. Jadi lebih baik sekali colokan dengan sekali tarikan daya listrik tanpa lepas pasang.

5. Gunakan mode dry pada AC mu. Gunakan mode ini hanya pada saat kondisi di luar ruangan sedang hujan, jadi suhu ruanganmu tidak terlalu dingin, dan kamu tidak perlu menaikkan suhu AC nya.

6. Aktifkan mode fan speed ke yang paling maksimal, agar kamu dapat merasakan suhu yang ideal untuk ruanganmu, tanpa harus menggunakan suhu terendah AC mu. Sehingga penggunaan daya listrik menjadi lebih terjaga.

Dengan mengaktifkan mode kecepatan kipas ke yang paling maksimal, tidak akan memakan daya listrik yang lebih banyak seperti mengatur suhu AC ke yang paling rendah.

BACA JUGA:Eye Cream Viral Cocok Atasi Mata Panda dan Penuaan

Penggunaan suhu AC yang konsisten dan continue, tidak dirubah-rubah, dapat menghemat konsumsi daya listrik yang digunakan oleh AC.

Kamu cukup mengetahui fungsi dari fitur-fitur yang ada pada remot AC mu. Sehingga kamu bisa memaksimalkan kinerja AC tanpa harus menaik turunkan suhu AC nya. (us)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: