Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Papas Puluhan Pohon

Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Papas Puluhan Pohon

Anggota Polsek Sosoh Buay Rayap melakukan monitoring dan pengaturan arus lalulintas saat pihak PLN Baturaja memotong dahan pohon yang mengganggu kabel listrik. (Foto: ist)--

Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Papas Puluhan Pohon

SOSOH BUAY RAYAP - Petugas PLN Baturaja melakukan kegiatan perapian kabel dengan cara memotong dahan pohon yang menggangu kabel listrik. 

Kegiatan ini melibatkan personel Polsek Sosoh Buay Rayap Polres OKU sekaligus monitoring dan pengaturan lalu lintas tepatnya di Jalan Lintas Baturaja-Muara Dua.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, melalui Kapolsek Sosoh Buay Rayap, Iptu Karbianto membenarkan bahwa personel Polsek Sosoh Buay Rayap melakukan monitoring dan pengaturan lalu lintas saat pihak PLN merapikan kabel listrik baik yang terganggu akibat dahan pohon maupun kabel listrik yang menjuntai.

"Ada proses penebangan pohon hanya difokuskan pada beberapa bagian batang pohon saja yang dirasa berisiko terhadap kabel listrik," jelas Karbianto.

Seperti pohon dekat dengan sambungan kabel listrik yang hanya dipangkas. Jadi, penebangan pohon hanya dilakukan pada bagian atas.

BACA JUGA:PJ Gubernur Sumsel Ingin Sumatera Selatan Jadi Pelopor Pemilu Sukses, Caranya?

"Menjulai itu kan berisiko sehingga untuk mengurangi ketinggian pohon agar lebih rendah dengan tiang penyanggah kabel listrik dengan bagian atas pohon dipapas," terang Kapolsek Sosoh Buay Rayap.

Pemangkasan merupakan pertimbangan khusus bagi pelayanan listrik. Agar, masyarakat tidak dirugikan. Sebab, ke depan cuaca memasuki musim penghujan rentan terjadi angin kencang.

Memasuki musim hujan, biasanya banyak kejadian yang tidak diinginkan. Seperti, hujan lebat yang mengakibatkan pohon tumbang.

Sehingga untuk antisipasi awal yang dapat dilakukan pihak PLN adalah mengurangi atau memangkas pohon yang dekat dengan saluran kabel listrik.(r15)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: