8.575 Anggota KPPS OKU Dilantik, Ini Peran dan Tugasnya di Pemilu 2024

8.575 Anggota KPPS OKU Dilantik, Ini Peran dan Tugasnya di Pemilu 2024

Suasana pelantikan anggota KPPS Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur di Aula PAUD Kemala Desa Tanjung Kemala, Kamis, 25 Januari 2024. (Foto: ist)--

8.575 Anggota KPPS OKU Dilantik, Ini Peran dan Tugasnya

BATURAJA - OKES.NEWS, Sebanyak 8.575 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dilantik di wilayah dan lokasi masing-masing pelantikan, Kamis, 25 Januari 2024.

Ketua KPU Kabupaten OKU, Ade Satria melalui staff KPU Divisi SDM Lina menjelaskan pasca dilantik mereka bisa langsung mengikuti bimbingan teknik (bimtek) di wilayah masing-masing.

“Bimtek bisa dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (25/1) hingga Sabtu (27/1). Dalam bimtek itu ditargetkan semua anggota KPPS harus bisa dan mengikuti secara seksama. Jadi harus bisa semuanya, dan ini KPU langsung monitoring,” ungkap Lina.

BACA JUGA:Memohon Doa Gus Ali ke Ponpes Progresif Bumi Shalawat

Seperti diketahui KPU menggelar pelantikan KPPS Pemilu 2024. Para peserta mengenakan pakaian atas warna putih dan bawah hitam, ribuan anggota KPPS ini dipersiapkan jelang Pemilu 2024.

"Ya di setiap wilayah para peserta diminta menggunakan pakaian yang ditentukan dan mendatangi lokasi pelantikan sesuai arahan di wilayah masing-masing, " ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa KPPS sangat penting perannya sebagai penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

“Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Lina.

Pelantikan tersebut juga ditandai dengan penanaman 8575 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan di OKU.

"Ini pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, yang berkontribusi untuk pemenuhan logistik berupa kertas dalam Pemilu 2024," urainya.

BACA JUGA:Imbau Masyarakat Waspada Modus Penipuan File APK PPS Pemilu 2024

BACA JUGA:1225 Pengawas TPS Dilantik, Bawaslu OKU: Tekankan Peran Aktif untuk Pemilu 2024 Berjalan Transparan!

Sementara itu, Komisioner KPU OKU, Rahmat Hidayat menyebutkan bahwa KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: