1 Pasien Meninggal Dunia, Jumlah Pasien DBD di RSUD Martapura Meningkat

1 Pasien Meninggal Dunia, Jumlah Pasien DBD di RSUD Martapura Meningkat

RSUD Martapura Merawat 14 Pasien DBD pada bulan Februari 2024. (Foto: Kholid/Sumeks)--

MARTAPURA, OKES.NEWS - Jumlah pasien Demam berdarah dengue (DBD) yang dirawat di RSUD Martapura, Kabupaten OKU Timur mengalami peningkatan. 

Pada bulan Desember 2023, terdapat 3 kasus, lalu meningkat menjadi 8 kasus pada Januari 2024, dan mencapai 14 kasus pada bulan Februari.

Direktur RSUD Martapura, dr Dedy Damhudi, melalui Humas RSUD Martapura, Immala Dewi, dan Tim Survelance DBD RSUD Martapura, Sinta Farida AMkep, menyampaikan bahwa pihak Dinas Kesehatan OKU Timur telah melakukan fogging sebagai respons terhadap kasus DBD.

BACA JUGA:Kecelakaan Motor di OKU Korban Jatuh Terkapar, Begini Kondisinya saat Ini

Immala Dewi menjelaskan bahwa meskipun ada peningkatan kasus, RSUD Martapura bekerja sama dengan Dinkes OKU Timur untuk memberikan respons cepat. 

“Satu pasien meninggal pada bulan Januari akibat komplikasi berat, yaitu amenia aplastik atau kelainan darah, bukan karena DBD murni,” ungkap Immala.

BACA JUGA:Dinantikan Banyak Gamers, Hyper Light Breaker Sebuah Sekuel Lanjutan dari Game RPG 2016

RSUD Martapura masih merawat lima pasien yang diduga terkena DBD, menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosis. 

Kebanyakan kasus terjadi di Kecamatan Martapura, khususnya di Desa Kotabaru, Kelurahan Terukis Rahayu, dan Kelurahan Banu Ayu. 

Beberapa pasien juga berasal dari Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, karena letak rumah pasien lebih dekat ke RSUD Martapura.

Semua kasus DBD telah dilaporkan ke Dinas Kesehatan, dan upaya pencegahan sudah dilakukan oleh Dinkes. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: