Kenali Jenis Macam Modus Penipuan lewat WhatsAPP, Abaikan atau Merugi

Kenali Jenis Macam Modus Penipuan lewat WhatsAPP, Abaikan atau Merugi

ilustrasi--

Kenali Jenis Macam Modus Penipuan lewat WhatsAPP, Abaikan atau Merugi

OKES.NEWS- Beragam penipuan terjadi di era digital saat ini. Berbagai modus dilakukan oleh pelaku kejahatan dengan memanfaatkan link yang merupakan Phising untuk tujuan kejahatan. 

Dengna begitu. Saat ini kamu wajib berhati-hati menerima pesan dari orang yang dikenal yang mengirimkan link berbagai jenis.

Saat ini sudah banyak korban akibat link Phising ini yang menyasar kepada pengguna WhatsAPP yang merugi. Hingga melaporkan kasus ini ke pihak berwajib. "

BACA JUGA:Rekomendasi Menu Takjil yang Bisa Manjakan Lidah

BACA JUGA:Bocoran spek Vivo X Fold 3 Akan Segera Meluncur, Rilis di Indonesia?

Telebih saat iniPerbankan telah lebih banyak melakukan transaksi melalui Mbanking. Sehingga aplikasi perbankan adalah upaya para penjahata internet ini memanfaatkan cela terhadap pengguna media sosial yang toledor. 

Dengan demikian, sebelum menjadi korban tindakan kejahatan jenis phising ini ada baiknya untuk mencegah atau mengabaikan pesan ini.

Berikut macam jenis modus kejahatan yang dilakukan melalui Whatsapp:

1. Link Berkedok Kurir

Para penipu sengaja mengirimkan file dengan melampirkan foto paket. Targetnya adalah menuntun target untuk mengunduh file melalui link yang dikirim.Bagi yang telanjur menginstalnya APK melalui aplikasi tersebut beresiko kehilangan saldo M-Banking. Dengan itu mereka bisa mencuri data OTP yang dikirimkan.

2. Undangan Digital

Undangan Digital juga termasuk sarana para penipu untuk memanfaatkan target agar mengklik link phising yang dikirimkan. Dengan modus ini Biasanya penipu menggunakan file APK dalam melampirkan aplikasi berbahaya yang tujuannya adalah untuk mencuri data pengguna.

BACA JUGA:2 Smartphone Xiaomi ini Turun Harga, Redmi Note 12 pro 5G dan POCO F4! Simak Spesifikasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: