Info CPNS 2024 : Pemkab OKU Timur Siap rekrut 1.700 CASN

Info CPNS 2024 : Pemkab OKU Timur Siap rekrut 1.700 CASN

--

MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur bersiap merekrut sebanyak 1.700 Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) pada tahun 2024.

Dari jumlah tersebut, 1.436 formasi akan diisi oleh Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sementara 264 formasi tersedia untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Timur, H Sutikman SPd MM, menyatakan bahwa total formasi CASN tersebut telah disetujui oleh Menpan-RB, sesuai dengan usulan yang diajukan.

“Meskipun demikian, formasi yang disetujui masih perlu disusun lebih lanjut,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Timur, H Sutikman SPd MM.

Menurut Sutikman, PPPK akan diprioritaskan untuk tenaga teknis, terutama guru, sesuai dengan amanat undang-undang.

Namun, detail teknis dan jadwal pelaksanaan rekrutmen masih menunggu pengaturan lebih lanjut dari pusat, melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Jumlah formasi CASN yang disetujui sama dengan yang diusulkan, dengan pertimbangan kebutuhan pegawai di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

“Sekitar 700 formasi direncanakan untuk guru dan tenaga kesehatan, sementara 1.000 formasi akan diisi oleh tenaga teknis di berbagai OPD,” sambungnya.

Selain itu, jumlah formasi juga mempertimbangkan jumlah pegawai yang akan pensiun, yang diperkirakan mencapai 400 Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2024, terutama di Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Hal ini juga sejalan dengan ketentuan dalam UU No. 20 Tahun 2023 yang mengharuskan penyelesaian pendataan pegawai non ASN paling lambat pada 31 Desember 2024.

Sebagai informasi tambahan, pemerintah Indonesia secara keseluruhan membuka 2.302.453 formasi dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, dengan prioritas utama bagi tenaga honorer melalui PPPK dan sisanya untuk CPNS bagi lulusan baru. (*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: