Cegah Banjir dan Longsor, Tanam 830 Pohon

Cegah Banjir dan Longsor, Tanam 830 Pohon

Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni bersama Forkopimda dan instansi terkait melakukan penanaman pohon secera serentak di Desa Belandang, Kecamatan Ulu Ogan, Kamis, 13 Juni 2024. (Foto: Humas Polres OKU)--

OKES.NEWS-ULU OGAN - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) khusunya di Kecamatan Ulu Ogan pada Kamis, 23 Mei 2024 lalu membuat lingkungan, dan fasilitas umum rusak.

Melihat kondisi tersebut, Polres OKU bersama Forkopimda dan pihak terkait lainnya melaksanakan kegiatan penghijauan dan penanaman pohon serentak, di Desa Belandang, Kecamatan Ulu Ogan, Kamis, 13 Juni 2024.

Penghijauan juga dilakukan di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti yang melibatkan unsur Tripika dan tokoh masyarakat. Kemudian di Ponpes Al Zikro, Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat.

BACA JUGA:KPU OKU Pastikan Pilkada OKU 2024 Tanpa Calon Independen

Adapun bibit yang ditanam yaitu sebanyak 830 batang dengan rincian di Desa Belandang Kecamatan Ulu Ogan sebanyak 530 batang. Terdiri pohon nangka, durian , petai dan ketapang.

Kemudian di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti sebanyak 200 batang terdiri mahoni dan salam. Sementara di Ponpes Al Zikro, Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat sebanyak 100 batang terdiri pohon jengkol.

Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni selain untuk penghijauan kembali, kegiatan tersebut juga dalam rangkaian menyambut HUT Bahayangkari ke 78.

Diharapkan dengan adanya kegiatan penghijauan dan penonaman pohon tersebut, bisa mencegah terjadinya bencana seperti banjir dan longsor.

"Dalam beberapa bulan terkahir, Kabupaten OKU kerap mengalami banjir itu diduga karna semakin berkurangnya tanam tumbuh. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pencegahan terjadinya banjir dan longsor," ungkap Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni.

BACA JUGA:KPU OKU Pastikan Pilkada OKU 2024 Tanpa Calon Independen

Sementara Kasi Humas Polres OKU, Iptu Ibnu Holdon mengatakan bahwa selain kegiatan Penghijauan dan penanaman pohon secara serentak, Polres OKU khususnya di Desa Belandang juga melaksanakan kegiatan bantuan sosial kepada warga Desa Beladang yang terdampak banjir.

"Pemberian bantuan sosial tersebut selain dalam rangka Hari Bhayangkara Ke 78 juga bertepatan dengan HKGB (Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari) Ke 72 Tahun 2024," pungkasnya. (r15)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: