Dari Perbatasan Sumsel ke Benua Eropa: Kisah Guru Inspiratif Rivaria Lolos Beasiswa Erasmus ke Empat Negara

Dari Perbatasan Sumsel ke Benua Eropa: Kisah Guru Inspiratif Rivaria Lolos Beasiswa Erasmus ke Empat Negara

--

Ia juga mengikuti berbagai pelatihan peningkatan diri dan menambah pengalaman serta memperluas jejaring dengan sesama pelamar beasiswa.

Pada tahun 2018, Rivaria mengikuti pelatihan calon guru bahasa Inggris Camp EPIC dari Kedutaan Besar Amerika (RELO US Embassy Jakarta), yang membuka peluang koneksi dengan banyak orang yang bermimpi untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Kemudian tahun 2022, ia mengikuti Bridging Course, program persiapan Magister di luar negeri dari Kemendikbudristek Dikti yang dibiayai oleh LPDP untuk mempersiapkan skor IELTS yang cukup untuk melamar kampus Luar Negeri. "Program Bridging Course benar-benar membantu saya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mempersiapkan diri untuk tes IELTS," kenangnya. 

Selain itu, pada tahun 2024, Rivaria diterima dalam program Microcredential CS50x Indonesia - Harvard University untuk meningkatkan keterampilan digital sebagai guru. Ia diajar langsung oleh dosen dari Harvard University dan mengikuti lokakarya di Jakarta yang memberikan kesempatan bertemu langsung dengan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. 

Ketika ditanya tentang siapa yang menginspirasinya untuk lanjut berkuliah, Rivaria menjawab bahwa ada satu Tokoh yang paling menginspirasi yaitu kakeknya, KH. Muchtar Wahab.

Pendidikan tinggi yang dicapai sang kakek di masa ketika akses pendidikan masih terbatas, membuat Rivaria sangat termotivasi untuk memberikan manfaat di bidang pendidikan. "Kakek saya adalah sosok yang selalu saya kagumi. Ketekunan dan dedikasinya dalam pendidikan menjadi inspirasi terbesar dalam hidup saya," ujarnya pada Oku Ekspres.

Dengan impian untuk melanjutkan pendidikan hingga S3 di luar negeri dan mengembangkan karir keguruan, Rivaria berharap dapat membawa ilmu dan pengalaman yang didapat di Eropa untuk diterapkan di Indonesia. 

Perjalanan Rivaria Safitri adalah bukti nyata bahwa mimpi besar dapat terwujud dengan ketekunan, kerja keras, dan dukungan dari orang-orang terdekat.

Rivaria telah membuktikan bahwa mimpi yang terlihat sulit dicapai, bisa menjadi kenyataan dengan usaha yang gigih dan semangat pantang menyerah. (gus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: