Dinkes OKU: Vaksin HPV Gratis ke Anak Perempuan Kelas 5 SD Masih Diwacanakan

Dinkes OKU: Vaksin HPV Gratis ke Anak Perempuan Kelas 5 SD Masih Diwacanakan

--

BATURAJA- OKES.NEWS, Pelajar kelas 5 SD di Kabupaten OKU diminta untuk melakukan Vaksinasi human papillomavirus (HPV) secara  gratis demi mencegah kanker serviks. 

Hal itu disampaikan oleh  Ketua  Pokja IV, dr Erliani MKes saat menghadiri penilaian lomba IVA test tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2024. Belum lama ini.

Dihadapan Kepala Dinas Kesehatan OKU Deddy Wijaya Ia meminta agar pelaksaan Vaksinasi human papillomavirus (HPV) secara  gratis di kabupaten OKU agar dilaksanakan segera. 

Menurutnya, Imunisasi HVP terhadap anak sangat penting untuk mencegah anak dari penyakit berbahaya itu. 

Sebab menurut dia, ada dua penyakit penyebab tertinggi kematian di Indonesia. Pertama adalah penyakit jantung, yang kedua penyakit kanker. 

"Pak Kadinkes Pelajar kelas 5 SD di Kabupaten OKU saat ini belum diberikan HPV gratis, yang saya dapatkan itu, tapi  pernah dilakukan pada Agusutus tahun lalu. Namun tahun 2024 saya harapkan itu bisa dilaksanakan secepat mungkin," ujarnya.

BACA JUGA:Dinkes OKU sebut Pasien DBD di OKU Berangsur Turun

BACA JUGA:Dinkes OKU: Berobat Pakai KTP di RSUD Kini Sudah Dibuka, Cek Caranya

Erliani menambahkan, kanker jenisnya bermacam-macam,  ada kanker hati dan sebagainya. Di mana, yang sering kali menimpa perempuan adalah kanker serviks, dan HPV. “Ini adalah sebuah virus yang hidup di mulut rahim,” ucapnya.

Erliani menjelaskan, vaksin HPV bisa bisa memberikan semacam kekebalan tubuh pada anak-anak sehingga bisa menimimalisir terkena penyakit kanker serviks. 

Vaksin tersebut akan diberikan dalam dua tahapan dengan rentan waktu satu tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKU, Deddy Wijaya saat dikonfirmasi terkait kapan pelaksaan untuk melakukan vaksinasi human papilloma virus (HPV) secara  gratis di OKU mengatakan bahwa pihaknya telah mewacanakan hal tersebut.

"Program tersebut memang saat ini baru sebatas wacana, tapi kita akan koordinasi lagi. Nanti kalau sudah siap baru akan kita launchingkan, nah waktunya kapan belum tahu," pungkas Deddy.(r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: