Jaga Budaya dan Ciri Khas, Gelar Lomba Perahu Bidar

Jaga Budaya dan Ciri Khas, Gelar Lomba Perahu Bidar

Dalam rangka lakukan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di OKU Timur, gelar lomba perahu bidar. (Foto: Diskominfo OKUT)--

OKU TIMUR - OKES.NEWS - Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Kabupaten OKU Timur semakin meriah dengan diadakannya Lomba Perahu Bidar di Sungai Komering, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapura, pada Minggu, 18 Agustus 2024.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati OKU Timur, H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., yang akrab disapa Mas Yudha. 

Kehadiran warga yang memadati lokasi acara di Bantaran Sungai Komering dan Jembatan Desa Tanjung Kemala menambah kemeriahan suasana.

Dalam sambutannya, Mas Yudha mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Perahu Bidar sebagai bagian dari peringatan HUT RI ke-79. 

Dia juga terkesan dengan antusiasme masyarakat yang hadir untuk menyaksikan perlombaan tersebut.

BACA JUGA:Klaim Didukung Golkar, M Hidayat Tinggal Tunggu PDIP untuk Calonkan Diri Maju Pilwako Palembang

BACA JUGA:Personel Maggala Agni Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Tengah Lokasi Karhutla

"Lomba Perahu Bidar ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI ke-79 dan diharapkan dapat menjadi acara tahunan. Ini adalah salah satu budaya dan ciri khas kita yang perlu dijaga sebagai bagian dari kearifan lokal serta sebagai ajang edukasi bagi generasi muda tentang budaya masyarakat," ujarnya.

Mas Yudha juga menekankan pentingnya melestarikan olahraga tradisional seperti perahu bidar agar tidak punah di tengah arus modernisasi, karena perahu bidar merupakan identitas dan ikon daerah di Bumi Sebiduk Sehaluan.

"Oleh karena itu, mari kita bersama-sama melestarikan adat budaya yang ada saat ini, agar tidak tergerus modernisasi. Jaga kearifan lokal yang ada di daerah kita. Kepada peserta, tetap semangat dan junjung tinggi sportivitas. Menang atau kalah itu hal biasa, yang luar biasa adalah partisipasi kalian," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR, Ir. Aldi Gurlanda, M.T, sebagai penyelenggara lomba, menyampaikan bahwa antusiasme peserta sangat tinggi.

BACA JUGA:Volkswagen Siapkan GTI Elektrik Pertama di Tahun 2026

BACA JUGA:Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series Sports Car Paling Mewah

Dengan 53 tim yang masing-masing terdiri dari dua orang, dan perlombaan dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: