Cara Merawat Tanaman Pandan agar Daun Tumbuh Lebat

Cara Merawat Tanaman Pandan agar Daun Tumbuh Lebat

Ilustrasi: Merawat Tanaman Pandan agar Daun Tumbuh Lebat-Photo: istimewa---

BACA JUGA:Pengalaman adalah Sumber Pengetahuan yang Paling Berharga

BACA JUGA:Samsung Galaxy M05 Segera Meluncur Ini Bocoran Terbarunya

Sebaiknya, simpan pandan di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi secara langsung, namun terlindung dari sinar matahari terik pada siang hari.

Selain itu, pandan tidak tahan terhadap kekeringan atau suhu yang terlalu dingin. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tanah tetap lembap saat cuaca hangat dan melindungi tanaman dari suhu dingin. 

Air

Tanaman pandan yang masih muda perlu dijaga kelembapannya selama musim panas, sehingga membutuhkan lebih banyak penyiraman.

Namun, pastikan tanah tidak terlalu basah dan hindari genangan air, karena dapat menyebabkan akar membusuk. Cara yang lebih baik untuk menjaga kelembapan saat cuaca panas adalah dengan menyemprotkan air pada daunnya.

Sebaliknya, kurangi frekuensi penyiraman saat cuaca dingin untuk mencegah tanah menjadi terlalu basah.

BACA JUGA:Spesifikasi Realme Narzo 70 Turbo Ponsel Gaming Terbaru yang Siap Meluncur

BACA JUGA:Felika Stephani Rilis Single Diary Anak Tunggal Versi Akustik

Suhu dan Kelembapan

Jika pandan tumbuh di lingkungan yang lembap dan bersuhu hangat, daunnya akan berkembang dengan cepat. Akibatnya, pandan cenderung tumbuh lebih pesat selama bulan-bulan musim panas, sementara pertumbuhannya melambat saat musim hujan.

Ini adalah respons normal tanaman dalam beradaptasi dengan suhu dingin. Yang perlu dilakukan hanyalah menjaga tanaman tetap kering dengan memastikan tidak ada genangan air di tanahnya. 

Pot atau Wadah

Tanaman pandan dapat tumbuh besar dan mengembangkan akar udara yang panjang serta tebal untuk mendukung pertumbuhannya. Karena pandan bisa menjadi tinggi dan berat di bagian atas, sebaiknya gunakan pot besar (minimal 20 liter) untuk menanamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: