Jika kita ingin usaha yang dijalankan saat ini berkembang, jangan hanya memandang usaha dari sudut positif tetapi juga memandang dari sudut negatif yang mungkin selama ini tidak dihiraukan bahkan parahnya lagi tidak disadari yakni membuat Pembukuan Sederhana. BACA JUGA:Pendataan Baik, Program Tepat Sasaran
Pengertian Pembukuan Sederhana
Kebanyakan pengusaha pasti sudah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan pembukuan. Namun untuk pengusaha pemula atau yang baru terjun ke dunia usaha pasti akan asing mendengar kata pembukuan. Pembukuan merupakan sebuah proses pencatatan secara teratur dengan tujuan untuk mengumpulkan beberapa data serta informasi seputar keuangan usaha meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, biaya, dan jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa yang diakhiri dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada periode tersebut.
Pembukuan sederhana sudah tepat dilakukan bagi yang baru membuat pembukuan keuangan secara sistematis. Ada beberapa hal penting yang harus dilaksanakan terkait dengan pembukan yaitu:
● Pembukuan pemasukan dan pengeluaran uang
● Pembukuan arus kas
● Pembukuan pemasukan dan pengeluaran barang
● Stok opname
● Pembukuan harta tetap (inventaris kantor)
● Penyusunan neraca dan laba rugi
Kenapa Pembukuan Dalam Perusahaan itu Penting?
Dalam menjalankan bisnis kebanyakan hanya berfokus pada strategi marketing. Namun terdapat hal yang tidak kalah penting yang seharusnya menunjang keberhasilan suatu usaha, hal tersebut adalah pembukuan. BACA JUGA:Belasan PJU di Ulu Ogan Padam
Banyak juga pelaku bisnis yang belum mengetahui betapa pentingnya melakukan pembukuan pada usaha. Pentingnya pembukuan dalam sebuah usaha antara lain adalah :
● Bisa mengetahui pekembangan bisnis yang dijalankan, apakah hasil yang didapat untung atau malah rugi.