BPBD OKU Ingatkan Potensi Hujan dengan Variasi Curah

Selasa 21-02-2023,11:26 WIB
Reporter : Mustofa
Editor : Mustofa

OKU, OKES.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerhah (BPBD) OKU meminta masyarakat berlaku waspada terhadap cuaca.

Pasalnya, beberapa hari kedepan cuaca di wilayah Kabupaten OKU masih berpotensi terjadinya hujan . Baik d en g a n intensitas sedang hingga lebat .

BACA JUGA:Pancur Banjir Sulitkan Warga Melintas

“Masyarakat harap waspada, karena hujan dengan variasi intensitas, “ ujar Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa melalui Manager Pusdalops Gunalfi.

Potensi ini, dikatakan Gunalfi, dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya, dinamika atmosfer serta dampak dari konvergensi dan Labilitas cuaca lokal .

BACA JUGA:52 Rumah di OKU Banjir, Kerugian Ratusan Juta

“F aktor-faktor   tersebut dapat menimbulkan pertumbuhan awan hujan . Dan masih banyak faktor lainnya . A pa lagi posisi kita akan mengalami pergantian musim , “ jelasnya.

Pihaknya juga akan memantau kondisi cuaca, dan mendistribusikan peringatan dini , serta himbauan kepada para pimpinan stakeholder terkait potensi bencana dan Masyarakat Kabupaten OKU .

BACA JUGA:Hujan Diiringi Banjir, Waspadai Luapan Sungai Ogan

“Patroli rutin ke wilayah rawan bencana akan dilakukan, “ ungkapnya.

Selain itu, p enyiapan personil serta peralatan dan tetap akan berkoordinasi d enga n instansi terkait baik di daerah maupun pemerintah pusat.

BACA JUGA:Hujan Deras di OKU Lebih Lima Jam, Begini Kondisi Titik Rawan Banjir

“ Kalaksa BPBD OKU mengintruksi kepada seluruh jajaran di BPBD OKU baik yang diposko induk dan Posko kecamatan untuk selalu siaga dan respon cepat terhadap potensi   bencana di wilayah Kabupaten OKU , “ tandasnya. *

 

Kategori :