WASPADA!! Jemaah Haji Wajib Jaga Kesehatan, Suhu Di Saudi Capai 41 Derajat Celsius

Rabu 24-05-2023,08:31 WIB
Editor : oku ekspres online

 

JAKARTA,OKES.CO.ID – Jemaah haji di Indonesia 2023 mulai diberangkatkan. Kloter pertama mulai diberangkatkan dini hari tadi (24/5) pukul 00.30. Yakni dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG).

”Total, ada 19 kloter dari sembilan embarkasi yang memulai penerbangan pada 24 Mei,” kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Ahmad Fauzin, Selasa (23/05/2023).

Saat di Saudi, jemaah diminta untuk menjaga kesehatan. Mengingat, cuaca panas saat ini tercatat mencapai 41 derajat Celsius. Suhu tersebut terbilang panas bagi masyarakat Indonesia. 

Rata-rata panas di Indonesia di kisaran 30 derajat Celsius. Sementara itu, pada kondisi tertentu, cuaca panas di Madinah atau Makkah bisa mencapai hampir 50 derajat Celsius.

BACA JUGA:Didominasi Lansia 52 CJH OKU Selatan Siap Berangkat

Terlebih, masa haji masih sangat panjang. Sehingga Jemaah agar tidak memforsir tenaga dengan berlebihan. 

Sebab, setelah berada di Madinah selama sembilan hari, jemaah akan menempuh perjalanan darat selama lima jam menuju Makkah. 

Di Makkah, jemaah mulai beraktivitas di Masjidilharam dengan suhu yang juga terik. ”Istirahat cukup dan makan tepat waktu,” imbuhnya.

BACA JUGA:PRANK !!! 'Gak pakai apa-apa' di depan Istri sendiri, Emang Boleh? Ini Hukumnya dalam Islam

Sementara itu, petugas haji daerah kerja (daker) bandara dan daker Madinah sudah siap menyambut kedatangan jemaah haji. Petugas daker bandara bersiap di empat terminal di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

Haryanto, kepala daker bandara, menyebutkan bahwa terminal yang digunakan jemaah Indonesia adalah terminal fast-track, terminal zero, terminal haji, dan terminal internasional. 

Untuk terminal fast-track, arus jemaah sangat cepat. Sebab, proses imigrasi otoritas Arab Saudi dilakukan sejak di Bandara Soekarno-Hatta. Setelah keluar dari pesawat, jemaah langsung berjalan menuju bus tanpa harus menunggu di ruang tunggu plaza atau paviliun.

Ketua PPIH Arab Saudi sekaligus Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Cholid mengungkapkan, layanan petugas haji di bandara Madinah terdiri atas dua sektor dan berlangsung 24 jam. 

BACA JUGA:TERBAIK, Berikut Ini 10 Daftar Sekolah Tingkat SMA Swasta Terakreditasi Rujukan di Palembang

Kategori :