Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Atlet Banjir Bonus, Segini Besarannya!

Sabtu 10-06-2023,23:18 WIB
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - ASEAN Para Games 2023 resmi di tutup di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (9/6/2023).

Pada ASEAN Para Games 2023 , kontingen Indonesia sukses keluar menjadi juara umum. Dengan total 401 medali. Meliputi 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu.

Di peringkat dua klasemen, ada Thailand dengan meraih 126 medali emas, 109 perak, dan 92 perunggu.

Selanjutnya Vietnam mampu duduki peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

BACA JUGA:Hasil Singapore Open 2023 : Ginting Melaju ke Final, Bertemu Anders Antonsen

Ini merupakan gelar juara umum ke tiga kalinya berturut-turut bagi Indonesia. Yakni sebelumnya juara umum pada edisi 2017 di Malaysia.

Kemudian pada edisi 2022 di Solo, Tim Merah Putih juga sukses menjadi juara umum. Dan tahun 2023 kembali persembahkan gelar juara umum.

Sukses persembahkan gelar juara umum di ASEAN Para Games 2023, kontingen National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) kembali ke Kota Solo.

Mereka tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo, Sabtu (10/6) malam. Disambut oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro.

BACA JUGA:Live Streaming Semifinal Singapore Open 2023: Ini Jadwal Ginting Tanding

Dengan capaian tersebut, Puan mengaku sangat bangga terhadap ratusan atlet yang telah bekerja keras untuk Indonesia.

“Dengan meraih 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu ini merupakan suatu kebanggaan untuk Indonesia. Atlet-atlet ini berhasil mendapatkan hattrick juara umum jadi saya ucapkan selamat kepada atlet ASEAN Para Games ini,” kata Puan.

Puan juga telah memastikan bonus untuk para atlet NPCI ini setara dengan atlet-atlet yang berkompetisi di SEA Games lalu.

Dari data Kemenpora, peraih medali emas SEA Games Kamboja 2023 mendapatkan bonus Rp 525 juta untuk perorangan, ganda/pasangan Rp 420 juta dan beregu Rp 367,5 juta.

BACA JUGA:Hasil ASEAN Para Games XII 2023: Atlet Sumsel Persembahkan 11 Medali, Jendi Pangabean Paling Banyak!

Sementara medali perak perorangan Rp 315 juta, ganda/pasangan Rp 252 juta dan beregu Rp 220,5 juta.

Terakhir, untuk peraih medali perunggu perorangan Rp 157,5 juta, ganda/pasangan Rp126 juta dan beregu Rp 105, 525 juta.

“Saya beberapa waktu lalu telah bertemu dengan Presiden Jokowi, pemerintah akan menyiapkan bonus setara dengan atlet SEA Games Kamboja sebelumnya, jadi tidak ada perbedaan. Tentu saya akan ikut mendorong agar bonus dapat segera atlet terima,” ungkap Puan.

Selanjutnya, Puan berharap pelatihan, pendidikan, dan kesehatan atlet terus diperhatikan. Hal tersebut untuk memastikan agar atlet terus mengharumkan nama Indonesia.

BACA JUGA:HEBOH!! Netizen Malaysia Serbu Instagram Taufik Hidayat dengan Kata-Kata Kasar

Sementara itu, Sesmenpora yang menyambut langsung dan mengalungkan bunga tampak sangat semringah.

Sesmenpora didampingi oleh Assisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora Muhammad Aziz Ariyanto.

“Saya bangga kepada adik-adik semua. Semoga ini jadi awal yang baik untuk ASEAN Para Games di Hangzhou,” kata Gunawan.

Dalam kesempatan ini, Gunawan juga menyampaikan terkait pemusatan latihan di Karanganyar.

BACA JUGA:Hanya 6 Menit, Tiket Timnas Indonesia vs Argentina di Hari Terakhir Habis Terjual

Anggaran sudah teralokasikan pada 2023 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bahkan, tanah sekaligus desainnya sudah ada. Tinggal pelaksanaannya saja.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Indonesia Andi Herman mengungkapkan, atlet Indonesia bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Terbukti, wakil Merah Putih mampu melampaui target yang awalnya 121 emas. Selain itu, Andi juga mengungkapkan banyak rekor tercipta di ASEAN Para Games 2023 , Kamboja.

“Sebanyak 15 rekor terpecahkan oleh atlet kita. Ini kebanggaan tentunya. Kemenpora memberikan support sangat baik dan konsisten. Langsung siapkan pelatnas di Hangzhou,” ungkap Andi.

BACA JUGA:MIRIS! Pasal Facebook, Seorang Istri di OKU Tewas Ditangan Suami, Inilah Pentingnya Bijak Bermedia Sosial

Sementara itu, ASEAN Para Games 2023 Kamboja resmi berakhir . Acara penutupan ASEAN Para Games 2023 dilakukan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (9/6/2023).

Sejumlah penari menampilkan tari kreasi saat penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja . Tak hanya itu, tapi juga dilakukan pesta kembang api saat penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja .

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen resmi menutup ajang dua tahunan itu. Rakyat Kamboja merasa bangga menjadi tuan rumah Asean Para Games ke-12 Tahun 2023.

Bendera ASEAN Para Sports Federation (APSF) kemudian diturunkan dari tiang bendera.

BACA JUGA:KAPAN !!! Jadwal Laga Pertandingan Indonesia Vs Argentina, Tempat Stadion, Harga Tiket, Link Live

Pengibaran bendera negara Thailand juga dilakukan setelah itu sebagai tanda berlanjutnya gelaran disabilitas se-Asia Tenggara ke negara Gajah Putih.

Sebagaimana diketahui, Thailand akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2026 mendatang.

"Kita sangat bangga menjadi tuan rumah Asean Para Games 2023, terima kasih semua rekan di Asia Tenggara. Asean Para Games menjunjung tinggi perdamaian dan kesetaraan," tulis pesan yang ditampilkan melalui big screen.*

Kategori :