Bahan Kimia Warna yang Dihasilkan Tumbuhan ini Ternyata Mengandung Beragam Khasiat Untuk Tubuh

Rabu 11-10-2023,13:49 WIB
Reporter : Bagus Agrar
Editor : Aris Munandar

Bahan Kimia Warna yang Dihasilkan Tumbuhan ini Ternyata Mengandung Beragam Khasiat Untuk Tubuh

OKES.NEWS - Fitonutrien, atau fitonutrisi, adalah bahan kimia alami yang diproduksi oleh tumbuhan. Fitonutrien banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan, terutama biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

Mereka memberi makanan warna, rasa, dan karakteristik unik.

Fitonutrien sangat penting untuk kesehatan manusia karena banyak di antaranya memiliki sifat antioksidan, yang berarti mereka melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Makanan yang mengandung banyak fitonutrien seringkali memiliki warna yang mencolok, seperti bayam hijau, tomat merah, atau blueberry biru. Ini karena salah satu indikasi adanya fitonutrien dalam makanan tersebut.

Pola makan seimbang yang mengandung banyak fitonutrien dapat mendukung kesehatan dan mencegah penyakit.

BACA JUGA:Mengenal Pi Bridge dan Wrapped Pi Untuk Ekosistem Coin PI Network Diperdagangkan di PancakeSwap

Fitonutrisi adalah istilah yang mengacu pada zat kimia alami yang memberikan warna tertentu pada buah, sayur, dan tumbuhan. Ini adalah jenis fitonutrien yang memberi warna makanan dengan cara yang alami.

Karena sifat antioksidan mereka, fitonutrien ini sangat penting untuk kesehatan manusia. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Berikut adalah beberapa contoh fitonutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan.

Merah Buah dan sayur berwarna merah mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan jantung. Untuk mendapatkan kandungan likopen dapat mengkonsumsi buah delima, tomat, cranberry, dll.

Hijau Senyawa seperti klorofil, yang membantu detoksifikasi tubuh dan mendukung kesehatan hati, ditemukan dalam sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, belimbing , kangkung, apel hijau.

Oranye dan Kuning Beta-karoten, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata, banyak ditemukan dalam buah dan sayur berwarna oranye dan kuning. 

BACA JUGA:Anarkis, Personil Polres OKU Pukul Mundur Pendemo

Ungu dan Biru Anggur ungu dan blueberry mengandung antosianin, yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dapat didapat dengan konsumsi terong, blueberry, kol ungu dll.

Kategori :