Buat Kolagen Sendiri dari Tulang Ayam, Bikin Kulit Awet Muda , Begini Caranya !

Selasa 07-11-2023,16:18 WIB
Reporter : Ummi Sayyidah
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS -Minuman kolagen instant kini telah banyak beredar di pasaran, dengan beragam harga dan klaim yang belum terbukti secara klinis.

Minuman kolagen kekinian justru hadir diduga dengan kandungan gula yang cukup tinggi di setiap kemasannya, sementara kandungan kolagen yang terkandung sangatlah sedikit, dan tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kolagen harian anda.

Dari pada membeli produk kolagen yang belum terbukti ampuh, lebih baik mengonsumsi bahan-bahan alami yang tentu aman dan khasiatnya nyata.

Seperti kolagen dari tulang-tulang murni hewan seperti sapi, ayam, kambing. Sum-sum tulang hewani tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, tulang, dan gigi kita.

Bagaimana membuatnya ? simak penjelasan berikut. 

BACA JUGA:Cara Buat Kue Hanya dari Oreo dan Susu, Simple dan Mudah !

Sebelumnya, resep ini telah dibagikan oleh dr Ema Surya Pertiwi di laman media sosial pribadinya.

Caranya, siapkan tulang dari 2 ekor ayam, lalu potong kecil-kecil tulang ayam tersebut, jangan lupa untuk dicuci. Selanjutnya, presto atau rebus tulang ayam dengan satu liter air selama dua jam di api yang kecil. 

Setelah itu, saring air rebusan ayam, masukkan ke dalam wadah kemudian diamkan hingga dingin, lalu simpan di lemari es selama 10-24 jam.

Setelah didiamkan, air rebusan ayam tersebut akan membentuk 2 endapan, bagian atas berwarna putih kekuningan, yang merupakan lemak dari tulang ayam tersebut, yang kedua dibagian bawahnya berwarna bening namun agak kecokelatan yang merupakan kolagen alami dari ayam tersebut.

BACA JUGA:Atasi Rambut Kering dan Bercabang dengan Masker Alami, Ini Bahannya !

Pisahkan lemak pada bagian atas dari endapan tersebut, lemak ayam ini bisa menjadi sumber kaldu ayam, bisa menjadi tambahan untuk masakan sup.

Selanjutnya bagian endapan kolagen tersebut bisa dimakan langsung, atau dicampurkan ke dalam makanan. 

Bentuk dari kolagen endapan tulang ayam tersebut seperti gelatin atau agar-agar namun rasa ayam. Bisa di makan satu sendok setiap hari, untuk meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan kulit, juga bikin awet muda.

Tips : jangan menggunakan tulang ceker dan kepala ayam, karena ceker dan kepala ayam mengandung kulit yang tinggi akan lemak. Rebusan tulang ayam di atas bisa ditambahkan bumbu atau rempah sesuai selera, untuk mengurangi bau ayam bagi yang tidak suka. (*)

Kategori :