Panjat Pinang HUT RI ke-79 Disaksikan Puluhan Ribu Penonton di Palembang

Minggu 18-08-2024,21:10 WIB
Reporter : Aris
Editor : Gus Munir

Palembang – OKES.NEWS,  Puluhan ribu masyarakat dari kota Palembang dan berbagai daerah di Sumatera Selatan memadati lapangan depan Hotel Wyndham di Kecamatan Jakabaring, Palembang, pada petang 18 Agustus 2024.

Mereka datang untuk menyaksikan lomba panjat pinang yang digelar oleh Sumatera Ekspres dengan jumlah batang pinang yang mencapai 79 plus 2, seiring dengan usia Republik Indonesia yang ke-79.

Ajang panjat pinang ini telah menjadi magnet tahunan bagi masyarakat Palembang, bukan hanya karena tantangan yang ditawarkan, tetapi juga karena tradisi ini selalu menyatukan masyarakat dalam semangat kebersamaan. 

General Manager Sumatera Ekspres, H. Iwan Irawan, menyampaikan bahwa jumlah batang pinang yang mencapai 81 tahun ini adalah respons terhadap tingginya antusiasme masyarakat dan melimpahnya dukungan dari sponsor.

BACA JUGA:Spektakuler! 79 Pohon Pinang Diselengarakan Sumatera Ekspres Sukses Semarakan Kemerdekaan

BACA JUGA:Remisi Kemerdekaan di OKU, Enam Warga Binaan Rutan Baturaja Bebas

"Kami melihat animo masyarakat yang begitu besar, serta banyaknya sponsor yang ingin berkontribusi dalam acara ini. Oleh karena itu, kami menambah dua batang pinang lagi dari rencana awal 79 batang. Namun, kami tetap menggunakan angka 79 untuk tidak mendahului usia kemerdekaan RI," ujar H. Iwan Irawan.


Kemeriahan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 semakin terasa di Palembang, khususnya di area lapangan depan Hotel Wyndham Jakabaring.-istimewa-

Sebagai acara tahunan, H. Iwan Irawan berharap lomba panjat pinang ini dapat berkembang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Provinsi Sumatera Selatan. "Kegiatan ini bisa kita kembangkan menjadi daya tarik wisata, apalagi di Indonesia, hanya Sumsel yang menyelenggarakan panjat pinang dengan skala sebesar ini. Kami berharap, dengan dukungan pemerintah, acara ini bisa masuk dalam rekor MURI," harapnya.

 

Acara ini tak hanya menarik perhatian masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah. Hal ini semakin memperkuat status lomba panjat pinang sebagai tradisi yang dinantikan setiap tahunnya. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk sponsor utama seperti Bank Mandiri, menjadi salah satu kunci kesuksesan acara ini.

Vice President Bank Mandiri Region II Sumatera II, Bambang Indro Panoyo, menyatakan kebanggaannya bisa terus mendukung acara panjat pinang ini. "Kami melihat kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi nyata dalam mendukung tradisi dan budaya masyarakat," jelasnya.

Dengan dukungan yang besar, panjat pinang di Sumatera Selatan telah berkembang menjadi lebih dari sekadar perlombaan, tetapi juga simbol kebersamaan dan semangat nasionalisme yang terus hidup di tengah masyarakat. Tradisi ini diharapkan dapat terus berlanjut dan semakin berkembang di masa mendatang.

Turut hadir dalam acara ini, bakal calon Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang dikenal dengan slogan "Menyala Abangku". 

BACA JUGA:Rahmad Hidayat Resmi Jabat Ketua KPU OKU Definitif, Ini Target Utamanya

Kategori :