Konektifitas Aceh Meningkat, Jokowi Resmikan Empat Seksi Tol Sigli - Banda Aceh

Senin 09-09-2024,17:43 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Moner

BACA JUGA:Jalan tol Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 akan Kelar Juni 2024, Selamat Tinggal Kemacetan

BACA JUGA:Segera Dibangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Rest Area Jalan Tol, dan Tempat Strategis Lain

 "Saya yakin, dengan adanya infrastruktur seperti ini, akan muncul titik-titik ekonomi baru dan usaha mikro akan lebih termotivasi untuk memperluas usahanya. Ini akan membangkitkan perekonomian di Aceh," ujar Presiden.

Prosesi peresmian jalan tol ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, yang turut didampingi oleh beberapa pejabat tinggi negara. 

Di antara pejabat yang hadir adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Setiadji, Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA, Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Direktur Jenderal Bina Marga Rachman Arief Dienaputra, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, dan Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson.

Pembangunan Empat Seksi Jalan Tol Sigli – Banda Aceh

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, mengungkapkan bahwa pembangunan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sangat penting bagi pengembangan infrastruktur di bagian barat Indonesia.

 Total panjang Jalan Tol Sigli – Banda Aceh mencapai 74,2 kilometer yang terbagi ke dalam enam seksi.

Secara keseluruhan, nilai investasi pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 13,55 triliun. 

''Hingga saat ini, kami telah berhasil mengoperasikan 49 kilometer dari total panjang jalan tol, termasuk empat seksi yang diresmikan oleh Bapak Presiden hari ini. Kami menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan Seksi 1 yang tersisa pada akhir tahun ini sehingga seluruh ruas tol dapat beroperasi sepenuhnya," jelas Adjib.

Adjib menambahkan bahwa pembangunan jalan tol ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan. 

Di antara fasilitas tersebut adalah lima Gerbang Tol dengan total gardu sebanyak 22, serta dua pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tipe A yang dilengkapi dengan area istirahat, tempat pengisian bahan bakar, serta layanan patroli dan ambulans yang siaga 24 jam. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan para pengguna jalan.

Keunggulan dan Fasilitas Jalan Tol

Dari sisi struktur, jalan tol ini memiliki beberapa keunggulan. Empat seksi yang diresmikan hari ini dilengkapi dengan tiga Simpang Susun (interchange) yang memungkinkan akses cepat ke beberapa wilayah penting di sekitar jalan tol. 

BACA JUGA:Segera Dibangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Rest Area Jalan Tol, dan Tempat Strategis Lain

BACA JUGA:Inilah Dua Seksi Jalan Tol Baru di Sumatra Utara yang Diresmikan Jokowi

Kategori :