GIBEI Unbara Cetak Minat Ratusan Investor Muda Menuju Pasar Modal Indonesia

Selasa 15-10-2024,20:07 WIB
Reporter : Aris Munandar
Editor : Gus Munir

BATURAJA, OKES.NEWS – Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Universitas Baturaja (Unbara) mencetak investor muda dari kalangan milenial dan GenZ  melalui seminar bertajuk "Wujudkan Mimpimu Dari Pasar Modal Indonesia". 

Kegiatan ini diselenggarakan di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, pada Selasa dan diikuti oleh 200 mahasiswa Unbara.

Rektor Unbara Ir. Hj. Lindawati, S.T., M.T didampingi Darman Syafei, Ketua GIBEI Unbara, mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pasar modal kepada mahasiswa, khususnya Gen-Z, agar mereka memahami cara berinvestasi dan membuka saham.


GIBEI Universitas Baturaja mengadakan seminar pasar modal untuk mendidik 200 mahasiswa menjadi investor muda dan melek investasi saham di era digital.--

 "Seminar ini diadakan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan investasi, serta berbagi pengalaman terkait peluang bisnis di bursa saham," ungkapnya.

BACA JUGA:Mimpi Jadi Nyata! Kenalan dengan Pil Olahraga yang Bikin Kamu Sehat Tanpa Harus Olahraga!

BACA JUGA:GIBEI Investasi Saham Mulai Diminati Gen-Z

Dalam seminar ini, mahasiswa diberikan pemahaman dasar tentang investasi saham, mulai dari cara membuka akun saham hingga bagaimana melihat potensi keuntungan dari perusahaan tempat mereka berinvestasi. 

"Kami berharap mahasiswa tidak hanya paham investasi, tetapi juga sadar akan pentingnya investasi saham untuk masa depan mereka," tambah Darman.

Selain edukasi umum, peserta juga diperkenalkan pada konsep 3P dalam berinvestasi, yaitu Paham, Punya, dan Pantau, yang disampaikan oleh Kepala Bursa Efek Wilayah Sumsel, Hari Mulyono. 

Menurutnya, calon investor harus mengerti risiko dan keuntungan, serta mampu memantau kinerja perusahaan secara berkala.

Hari Mulyono menjelaskan bahwa berinvestasi saham memiliki beberapa keuntungan. Saham bersifat kepemilikan, dikelola secara mandiri, dapat diperjualbelikan, dan memiliki potensi keuntungan tinggi.

BACA JUGA:Manfaat Timun Dapat Membantu Perokok

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Padi, Warga Minta Dibangun Irigasi

 Selain itu, pajak final untuk saham juga lebih ringan, dan investasi bisa dimulai dengan modal kecil, membuatnya menarik bagi investor muda.

Kategori :