Terobosan 6G Kecepatan Internet Super Cepat dari University College London

Minggu 20-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Bagus
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Baru-baru ini, peneliti dari University College London (UCL) bikin heboh dunia teknologi dengan berhasil mencapai kecepatan transmisi data sebesar 938 Gbps pada jaringan 6G.

Kecepatan ini hampir 5000 kali lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan jaringan 5G yang biasanya cuma sekitar 200 Mbps dalam kondisi optimal.

Inovasi

Eksperimen yang dilakukan oleh tim peneliti UCL ini menggunakan kombinasi gelombang radio dan komunikasi berbasis cahaya, dengan cakupan frekuensi yang luas dari 5 GHz sampai 150 GHz.

Kunci dari keberhasilan ini adalah penggunaan teknik orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM), yang memungkinkan transmisi data yang efisien pada berbagai pita frekuensi.

Dengan mencampur sinyal yang dimodulasi secara optik dengan laser pada photodiode berkecepatan tinggi, tim ini bisa menghasilkan gelombang milimeter frekuensi tinggi yang bikin data bisa ditransfer dengan super cepat.

BACA JUGA:April Jasmine Sempat Izinkan Ustaz Solmed Poligami

BACA JUGA:Hindari Gesekan Antar Pendukung di OKU, Kasat Intel: Berbeda pilihan itu hal biasa

Teknologi Terdepan untuk Masa Depan Komunikasi

Pencapaian ini jadi langkah besar dalam teknologi komunikasi nirkabel.

Teknologi yang dikembangkan ini punya potensi untuk mengubah cara kita berkomunikasi, mulai dari peningkatan jaringan Wi-Fi di rumah dan tempat umum, hingga peningkatan kinerja di daerah dengan kepadatan penduduk tinggi, serta peningkatan mobilitas pada jaringan 6G di masa depan.

Rencana Pengembangan ke Depan

Walaupun teknologi ini baru didemonstrasikan di laboratorium, tim peneliti merencanakan untuk mengembangkan prototipe yang siap diuji secara komersial.

Kalau implementasi ini berhasil, teknologi ini diperkirakan bisa diintegrasikan ke dalam peralatan komersial dalam waktu tiga sampai lima tahun ke depan.

BACA JUGA:KPU OKU Kedatangan Ratusan Ribu Surat Suara Pilkada Serentak 2024, Ini Jumlahnya!

BACA JUGA:Hindari Gesekan Antar Pendukung di OKU, Kasat Intel: Berbeda pilihan itu hal biasa

Dampak Besar Bagi Dunia Teknologi

Keberhasilan tim peneliti UCL ini nggak cuma jadi terobosan ilmiah, tapi juga menandakan masa depan yang cerah buat teknologi komunikasi nirkabel.

Dengan kecepatan transmisi data yang luar biasa ini, banyak aplikasi baru yang bisa dikembangkan, mulai dari peningkatan kualitas streaming video dan game online, hingga pengembangan kota pintar dan otomatisasi industri yang lebih maju.

Kategori :