Kaji Potensi Gua Harimau

Sabtu 26-10-2024,10:00 WIB
Reporter : Aris Munandar
Editor : Gus Munir

SEMIDANG AJI  - OKES.NEWS - Proses pelestarian situs cagar budaya Gua Harimau di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU, kini semakin intensif. 

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI menginisiasi kegiatan pendataan guna mengkaji potensi dan kebutuhan pelestarian di lokasi yang terkenal akan temuan rangka manusia prasejarah ini. 

Diharapkan, upaya ini dapat mengangkat potensi Gua Harimau sebagai aset wisata budaya dan ilmu pengetahuan.

Bekerjasama dengan tim ahli cagar budaya nasional, antara lain Prof. (Ris) Dr. Harry Truman Simanjuntak dari Direktorat Perlindungan Kemendikbudristek, dan arkeolog dari Universitas Gadjah Mada serta Universitas Jambi, tim ini mengeksplorasi aspek-aspek mendalam terkait sejarah dan karakteristik Gua Harimau. 

Pendataan juga dibantu tenaga pemetaan dari Museum dan Cagar Budaya, serta ahli dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Yogyakarta dan Jawa Tengah.

BACA JUGA:BRI Borong Tiga Penghargaan Bergengsi, Sunarso Sabet Best CEO

BACA JUGA:Begini langkah-langkah menggunakan Asisten virtual BRI

Menurut Sekretaris Disparbud OKU, Ahmad Hidayat, langkah ini penting sebagai pondasi perlindungan yang kuat bagi situs bersejarah ini. 

“Pendataan ini tidak hanya bertujuan menemukan karakteristik unik Gua Harimau, tetapi juga menggali kondisi terkini serta kendala-kendala di lapangan,” jelas Ahmad Hidayat SSTP MSi.

Kajian ini, sambung Ahmad diharapkan dapat menjadi rekomendasi dasar bagi pelestarian maupun pengembangan situs dalam jangka panjang.

Para ahli tidak hanya fokus pada aspek pelestarian tetapi juga merencanakan model pengembangan Gua Harimau sebagai cagar budaya yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. 

Mereka berencana merumuskan kebijakan perlindungan melalui pengaturan, perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan ketat terhadap pengelolaan situs. 

BACA JUGA:Nikmati Kemudahan Transaksi Melalui Payroll BRI

BACA JUGA:Gak Nunggu Lama, Pakai Reservasi Antrean Bank BRI via Sabrina

Dengan pendekatan ini, diharapkan situs Gua Harimau dapat terjaga dan dimanfaatkan secara bijak untuk generasi mendatang.

Kategori :