Konsumsi Ikan di OKU Meningkat

Konsumsi Ikan di OKU Meningkat

Harga Ikan Laut Naik

OKES.DISWAY.ID, OKU - Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Tri Aprianingsih menuturkan, berdasarkan data yang ia miliki, angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU sudah lumayan tinggi dari tahun sebelumnya.

Tri mengakui, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU selalu mengadakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan (GEMARIKAN) kepada pelajar dan anggota PKK. Tujuannya agar masyarakat gemar memakan ikan.

"Angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU meningkat karena kita selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan. Apalagi ikan juga gampang diperoleh, harganya murah, kandungan gizi yang tinggi, serta bisa dimakan oleh semua usia,” jelasnya.

Sementara itu, Surya salah satu  pedagang ikan di Pasar Baru membeberkan, dalam beberapa hari terakhir harga ikan di kabupaten OKU mengalami kenaikan. "Harga ikan laut naik dari harga sebelumnya," ungkap Surya.

Dilanjutkannya, untuk ikan laut, harganya saat ini mencapai Rp25 ribu/kg hingga Rp50 ribu/kg. "Harga ikan dari pemasok di Lampung juga naik antara Rp5 ribu/kg hingga Rp10 ribu/kg," ujar Surya.

Dia mengatakan kenaikan harga ini diduga oleh faktor cuaca yang tak menentu. Sehingga menurunkan tangkapan nelayan. "Sedangkan untuk ikan sungai (lokal) harganya stabil," tutupnya. (r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: