Sapi Sehat Prioritas Vaksin PMK

Sapi Sehat Prioritas Vaksin PMK

OKES.CO.ID, OKU - Sapi kurban di Kabupaten OKU mendapat vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Namun vaksin yang berasal dari Perancis itu, akan disuntikkan ke Sapi kurban yang sehat. 

BACA JUGA: Pastikan Aman Dari PMK, Disnakan Pantau Penjual Hewan Kurban

"Untuk sapi yang terkena PMK atau yang telah sembuh dari PMK tidak di vaksin, " ujar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Ir Tri Aprianingsih, Senin (5/7) saat vaksin hewan di PLTU Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur, OKU. 

Vaksin PMK yang diterima Kabupaten OKU sebanyak 500 dosis. Vaksin tersebut akan disuntikkan ke 500 hewan ternak kurban yang disebar ke enam kecamatan di OKU. 

BACA JUGA: Sebar 12 Ribu Vaksin, Cegah Wabah PMK pada Sapi

"Kecamatan yang populasinya banyak kami vaksin. Saat sudah dua kecamatan yang melaksanakan vaksinasi. Yaitu di Kecamatan Peninjauan dan Kecamatan Lubuk Batang, " jelasnya. 

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menjelaskan, vaksinasi penyakit mulut dan kuku bagi ternak sapi merupakan program Nasional.

BACA JUGA: Kasus PMK Mengintai OKU

"Vaksinasi untuk melindungi sektor peternakan khususnya sapi dari terjangkitnya penyakit yang menular dan bisa mengancam kesehatan ternak dan manusia, " jelasnya.

BACA JUGA: Kasus PMK Meluas, Sumsel Zona Kuning

Dirinya meminta petugas teknis untuk proaktif memantau perkembangan gejala penyakit mulut dan kuku. Dirinya juga meminta peran aktif masyarakat terkait persoalan nasional ini. 

"Kepada peternak sapi agar segera melaporkan secepatnya jika menemukan gejala PMK yang menyerang sapi peliharaannya, " pesannya. (Stf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: