Kurikulum Merdeka Diterapkan Bertahap

Kurikulum Merdeka Diterapkan Bertahap

OKES.CO.ID, OKU – Pada tahun ajaran baru 2022/2023, pemerintah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka sebagai pengganti Kurikulum 2013 secara bertahap. Rencananya, Kurikulum Merdeka akan digunakan secara penuh pada 2024 mendatang di semua jenjang pendidikan. 

Ternyata, perubahan ini membuat guru harus menyesuaikan gaya dan cara mengajar di kelas. Akibatnya ada guru yang menemui kendala saat mengajar di kelas. 

BACA JUGA: Unbara Gelar Pelatihan Kurikulum Berbasis Kampus Merdeka

“Buku pelajaran yang lama tidak sesuai dengan kurikulum yang baru,” kata salah seorang guru SD. Ia mengakui, ada tema yang sesuai dengan kurikulum, tapi tak sedikit juga materi pelajaran yang tak sesuai dengan kurikulum. 

Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Disdik OKU SMP Ade Ridwan mengungkapkan, Kurikulum Merdeka yang sudah mulai digunakan saat ini tak jauh berbeda dengan Kurikulum 2013. 

BACA JUGA: PGRI Kabupaten OKU Sosialisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Ia menjelaskan Kurikulum Merdeka dibuat untuk disesuaikan dengan kemampuan anak. 

“Guru dituntut bisa menyesuaikan diri dengan kurikulum. Artinya, guru juga ditantang untuk menjadi guru yang kreatif, bukan sekedar mengikuti instruksi pada buku pelajaran semata,” papar Ade.

BACA JUGA: PTM Tetap Dilaksanakan Sesuai Petunjuk Kurikulum Masa Covid-19

Untuk buku pelajaran, terang Ade, buku-buku Kurikulum Merdeka sudah tersedia. “Namun, bila guru belum memiliki buku pelajaran Kurikulum Merdeka, guru masih bisa menggunakan buku pelajaran yang lama,” kata pria yang pernah tugas di SMPN 9 OKU ini. 

Ade juga mengakui, saat ini tidak ada paksaan bagi sekolah untuk menggunakan Kurikulum Merdeka. Namun sekolah harus mulai mempelajari kurikulum ini. 

BACA JUGA: Implementasi Kurikulum MBKM terhadap Pembelajaran Bahasa

“Alasannya seluruh jenjang pendidikan akan menerapkan Kurikulum Merdeka pada 2024 mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, kepala SDN 8 OKU Ermawati mengungkapkan, sekolah yang ia pimpin sudah mulai menggunakan Kurikulum Merdeka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: