Akhirnya, Kabupaten OKU Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak Pratama

Akhirnya, Kabupaten OKU Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak Pratama

OKES.DISWAY.ID, OKU - Untuk pertama kalinya Kabupaten OKU meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama tahun 2022 dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Penghargaan ini diberikan pada Sabtu (23/7/2022) lalu dan diumumkan secara virtual dari Kementerian PPPA.

 

Kepala Dinas PPPA OKU, Ir Arman MSi, Senin (25/7), mengungkapkan, Kabupaten OKU Layak Anak merupakan  penghargaan pertama yang diterima Kabupaten OKU sebagai Kabupaten Layak Anak. Sebelumnya Dinas PPPA sudah beberapa kali mengikuti penilaian KLA dan tahun ini OKU mencapai nilai untuk kategori Pratama.

 

"Kita bersyukur dan berterima kasih kepada tim gugus tugas Kabupaten Layak Anak OKU yang sudah bekerja keras atas capaian ini. Penghargaan ini sudah lama kita kejar bahkan sudah beberapa kali diajukan dan baru tahun ini nilai kita mencukupi," ucap Arman.

 

Dikatakan Arman,  penghargaan KLA Pratama menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan realisasi komitmen dalam pemenuhan hak - hak anak. Ada lebih dari 27 indikator yang harus dipenuhi agar bisa dikatakan suatu Kabupaten itu layak anak.

 

"Pengarusutamaan gender (PUG) yang salah satunya pemenuhan hak - hak anak, menjadi komitmen pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pembangunan. Diantaranya kita melibatkan anak-anak dalam Musrenbang agar apa yang menjadi kebutuhan  anak-anak juga bisa terpenuhi," jelasnya.

 

Ditambahkan Arman, Pemkab OKU berkomitmen kuat untuk pemenuhan hak - hak anak di daerah tersebut terpenuhi  hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak perlindungan dan hak partisipasi.

 

"Salah satu bentuk komitmen itu adalah adanya Peraturan Daerah tentang kabupaten layak anak yang telah ditetapkan oleh DPRD OKU," Jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: