3 Pengoplos Pupuk Subsidi di Banyuasin Dibekuk

3 Pengoplos Pupuk Subsidi di Banyuasin Dibekuk

OKES.CO.ID, BANYUASIN - Tiga pelaku pengoplos pupuk bersubsidi dibekuk Satreskrim Polres Banyuasin, Rabu (20/7) di Desa Santan Sari, Kecamatan Sembawa, Banyuasin. Ketiganya adalah FR (36), RS (24) dan M (44).

"Ketiga tersangka kita amankan pada Rabu lalu di sebuah gedung yang digunakan untuk oplos pupuk tersebut," kata Kapolres Banyuasin AKBP Imam Syafii sik melalui Kasatreskrim Polres Banyuasin AKP Hary Dinar SIK SH MH, saat merilis kasusnya Senin (25/7) kepada awak media.

BACA JUGA: Dua Kelompok Tani Terima Bantuan Pupuk Cair

Penangkapan terhadap ketiga tersangka berawal dari masyarakat yang resah dengan pupuk oplosan yang beredar. "Dalam jangka waktu tiga hari, pelaku berhasil diungkap," jelasnya didampingi Kanit Pidsus Iptu Ammukminin SH.

Saat penyelidikan, pihaknya mendapatkan pupuk subsidi tersebut disuplai dari seorang makelar di Lampung dan Belitang (OKU Timur).

BACA JUGA: Lima Pelaku Pencuri Pupuk PT SBA Diamankan Polsek Tulung Selapan

"Saat pupuk datang Rabu dini hari dan usai dioplos, langsung kita grebek. Sehingga tersangka tidak dapat mengelak lagi," katanya.

Selanjutnya ketiga tersangka beserta barang bukti diamankan ke Mapolres Banyuasin untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA: Mahasiswa OKU Buat Pupuk dari Kulit Pisang

Dari pemeriksaan ketiga tersangka, FR merupakan pemilik modal dan dua tersangka lainnya bertugas sebagai pengoplos pupuk subsidi menjadi nonsubsidi.

"Mereka mengganti label dan atau kemasan Pupuk tersebut menjadi pupuk nonsubsidi seperti pupuk SP-36 diganti kemasan menjadi pupuk Mahkota Ungu dan pupuk Phonska diganti kemasan menjadi pupuk Hi-Kay dan Mahkota Orange," ungkapnya.

BACA JUGA: Tiga Bulan, Pupuk Non Subsidi Mahal

Usai dioplos menjadi pupuk nonsubsidi itu, tersangka menjual ke pemesan petani di wilayah Muba dan Jambi.

"Saat ada pesanan, pupuk dikirim. Harga jual mereka Rp300 ribu/sak, artinya mendapatkan untung Rp50 ribu per sak," ungkapnya seraya menambahkan total pupuk diamankan sekitar 28,70 Ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co