Tebar Benih Ikan dan Ecoenzyme, Ini Manfaatnya

Tebar Benih Ikan dan Ecoenzyme, Ini Manfaatnya

okes.co.id - Ribuan benih ikan patin ditebar ke perairan sungai Ogan di bawah jembatan Ogan I, Jumat (29/7).

Benih ikan patin yang ditebar berjumlah sekitar 1.800 ekor.

Benih tersebut ditebar PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah bersama Forkominda OKU serta Asisten 1 Provinsi Sumatera Selatan yang juga mantan PLH Bupati OKU H Edward Candra serta Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Ir Tri Aprianingsih.

Setelah penebaran ikan, dilanjutkan melarutkan ecoenzyme. Pelarutan cairan ecoenzyme juga diikuti pelajar SD dan SMP yang sebelumnya telah berkumpul di Taman Ogan I.

Ecoenzyme adalah larutan kompleks hasil fermentasi limbah organik. Seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah dan air dengan bantuan mikroorganisme selektif dari kelompok jamur dan bakteri selama 3 bulan.

Hasil fermentasi memiliki warna coklat tua dan berbau asam-manis kuat khas produk fermentasi. Manfaat pelarutan ecoenzyme ke sungai Ogan yakni untuk membantu siklus alam.

Seperti memudahkan pertumbuhan tanaman (sebagai fertilizer), mengobati tanah, dan juga membersihkan air yang tercemar.

Karena natural dan bebas dari bahan kimia, eco enzyme mudah terurai serta tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Ir Tri Aprianingsih mengatakan, penebaran benih ikan ke sungai Ogan, untuk menambah ikan di sungai besar itu.

"Untuk menangkapnya tidak boleh dengan cara yang dilarang. Seperti penggunaan setrum, bom atau racun ikan. Karena akan merusak ekosistem sungai dan merusak pertumbuhan ikan, " sebutnya. (stf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: