Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Kolaborasi UMKM Sumsel-Jabar Diapreasi Menkop dan UMKM

Kolaborasi UMKM Sumsel-Jabar Diapreasi Menkop dan UMKM

Foto: Ist. (*)--

OKES.CO.ID, BANDUNG - Menteri Koperasi dan UMKM RI,Teten Masduki mengapresiasi Sumsel dan Provinsi Jabar yang mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menampilkan produk  dari masing-masing kedua provinsi tersebut pada puncak hari UMKM nasional. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumatera Selatan dan Jabar karena kegiatan ini menjadi ajang bagi UMKM dalam mempromosikan produknya," kata Menteri Koperasi dan UMKM saat Peringatan Hari UMKM Nasional di Cihampelas Walk Bandung Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/8).

 Apalagi lanjutnya dalam Hari UMKM Nasional ini antara dua provinsi tersebut telah melakukan perjanjinan kerjasama dalam rangka menguatkan perdagangan antar provinsi.

 "Kerjasama perdagangan yang dilakukan antar dua provinsi ini penting dalam upaya mendorong dan menguatkan belanja prodak UMKM," katanya.

Lanjut dia mengatakan alhamdulillah kuartal kedua ekonomi Indonesia kembali pulih tumbuh dan itu ditompang oleh konsumsi rumah tangga.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga karena Sumsel mendapat kehormatan sebab UMKM Sumsel bisa menampilkan pada Harnas UMKM. 

"Atas izin pak Menteri kami bersemangat dengan pak Riduan Kamil sepakat untuk melakukan hubungan dagang tukar-menukar komoditas melalui penandantanganan perjanjian kerjasama," ungkapnya.

 Menurut Bapak Pembangunan Sumsel itu dilakukannya kerjasama ini agar pemerintah lebih interpensi yang lebih maksimal lagi dalam mendorong UMKM.

"Kita tahu bahwa UMKM ini terbukti sangat ampuh meskipun sempat terkontraksi namun ini tetap bangkit karena UMKM berdaya saing luar biasa dan pasarnya jelas sehingga membuat Indonesia termasuk negara yang tangguh," ujarnya. 

Di tempat yang sama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mengaku bangga atas di selenggarakannya kegiatan Harnas UMKM di Jabar, apalagi kegiatan ini primadonanya adalah Provinsi Sumsel.

 Ridwan Kamil juga merasa bersemangat sebab peringatan Harnas kali ini akan melalukan perjanjian kerjasama dengan Sumsel. Menurutnya kerjasama ini upaya meningkatkan dan mengangkat produk UMKM tanpa harus impor.

 "Kita menyepakti kerjasama ini bahwa dunia sedang tidak baik-baik, agar kita tidak terjebak tentu kita perlu kerjasama ini," katanya. 

 Mudah-mudahan lanjutnya Emil dengan adanya kerjasama seperti ini dapat saling meningkatkan produk dan menguatkan sektor perdangan.

 "Jadi kalau Sumsel butuh apa barangnya ada di Jabar nanti kita suplai, sebaliknya juga jika Jabar butuh apa Sumsel ada maka Sumsel akan suplai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: