Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Tanah Longsor, Satu Rumah Ambruk

Tanah Longsor, Satu Rumah Ambruk

Foto: Ist.--

OKES.CO.ID, BANYUASIN - Satu rumah tergerus tanah longsor di Dusun II, Desa Terusan Muara, Kecamatan Sumber Marga Telang, Banyuasin, Sabtu (13/8) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Rumah yang masuk sungai tersebut merupakan milik Rizal dan tak bisa diperbaiki lagi. 

"Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pemilik rumah sudah mengetahui rumahnya akan terseret tanah longsor karena berada tepat di bibir sungai,” kata Camat Sumber Marga Telang Hasanul Haq. 

BACA JUGA: Longsor, Pohon Tumbang, Lalulintas Lumpuh

Diperkirakan kerugian atas kejadian itu mencapai Rp40 juta. Hasanul juga mengatakan, peristiwa ini sudah dilaporkan kepada Bupati dan wakil Bupati Banyuasin. 

Selain rumah, sebuah tiang listrik juga ikut terseret longsor. Akibatnya tiang listrik tersebut masuk sungai. 

Warga bergotong royong memperbaiki tiang listrik itu bersama PLN agar aliran listrik kembali normal. "(Minggu) pagi tadi perbaikannya, dan saat ini sudah normal kembali,” terangnya.

BACA JUGA: Tanah Longsor Terjang Warkuk Ranau Selatan

Peristiwa tanah longsor itu viral di media sosial (medsos) dan mendapatkan komentar beragam warganet. "Pantas saja mati lampu (kemarin, red) ada tiang yang roboh,”kata Ziput warga sekitar.

Sementara itu, Sukardi, Wakil Ketua I DPRD Banyuasin mengatakan warga yang tinggal di bantaran sungai itu rawan akan abrasi dan longsor. "Sebenarnya mereka sudah tahu (resikonya),” ujar Sukardi.

Sehingga warga yang membangun di bantaran sungai menyiasatinya dengan menggunakan tiang. Padahal dalam aturannya pembangunan di daerah aliran sungai itu tidak diperbolehkan. 

BACA JUGA: Longsor, Akses Lahat-Pagaralam Ditutup Sementara

Kendati demikian ia menghimbau kepada masyarakat agar dapat lebih waspada dan berhati hati dikemudian hari. Sukardi juga berharap kesadaran akan dari masyarakat terkait hal itu, serta adanya tindakan dari pemerintah untuk memasang rambu larang membangun kediaman di bantaran sungai. 

" Pemerintah juga harus turun tangan,”pungkasnya. (qda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.disway.id