Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid di Film Harry Potter Wafat

Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid di Film Harry Potter Wafat

Robbie Coltrane alias Rubeus Hagrid.--

JAKARTA, OKES.CO.ID - Robbie Coltrane yang berperan sebagai Hagrid dalam film Harry Potter, meninggal dunia pada usia 72 tahun pada 14 Oktober 2022 kemarin.

Tidak ada penyebab kematian Coltrane.

Coltrane, lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950 di Rutherglen, dekat Glasgow. Dia menempa karier sebagai aktor, komedian, dan penulis.

Coltrane meninggalkan dua anaknya yaitu Spencer dan Alice, istrinya Rhona Gemmell, serta saudara perempuannya Annie Rae.

BACA JUGA: 1 WNI Asal Semarang Tewas Tertembak di Texas

Robbie Coltrane semasa hidupnya, selain berperan sebagai Hagrid dalam film Harry Potter, dia juga berperan sebagai mantan agen KGB yang menjadi bos mafia Rusia dalam dua film James Bond -- "Goldeneye" (1995) dan "The World Is Not Enough" (1999) -- dengan Pierce Brosnan.

Di televisi, ia bersama Emma Thompson membintangi mini-seri BBC pemenang BAFTA "Tutti Frutti" pada 1987.

Dia menjadi terkenal dan memenangkan lebih banyak penghargaan untuk perannya sebagai psikolog kriminal Dr Eddie "Fitz" Fitzgerald dalam serial ITV "Cracker" (1993-2006).

Dia juga merupakan penulis dan leksikografer Inggris Samuel Johnson dalam serial komedi TV "Blackadder the Third" bersama bintang "Mr Bean" Rowan Atkinson dan Hugh Laurie ("House").

BACA JUGA: Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Naik Tahta Jadi Raja Charles III

Di layar lebar, Coltrane berperan dalam drama kriminal Neil Jordan 1987 "Mona Lisa" dan bekerja sama dengan mantan bintang Monty Python Eric Idle dalam komedi 1990 "Nuns on the Run".

Namun dia akan dikenang secara global sebagai Rubeus Hagrid, penjaga binatang setengah raksasa setengah manusia dan Sekolah Penjaga Kunci dan Dasar Hogwarts dalam waralaba film buku terlaris Harry Potter karya JK Rowling.

"(Peran itu) membawa kegembiraan bagi anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia, mendorong aliran surat penggemar setiap minggu selama lebih dari 20 tahun," kata rekan Coltrane.

"Selain sebagai aktor yang luar biasa, dia juga cerdas secara forensik, sangat cerdas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id