Kelurahan Sukaraya Latih Kader Posyandu Tangani Stunting

 Kelurahan Sukaraya Latih Kader Posyandu Tangani Stunting

Peserta pelatihan penanganan dan pencegahan stunting. -Foto: Ist. (*)-

OKU, OKES.CO.ID - Pemerintah pusat hingga ke kelurahan, sejak beberapa tahun belakangan, fokus menangani masalah stunting. Karena, dampak yang timbulkan dari masalah tersebut.  

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis.

Penyebabnya, kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Dampaknya, pertumbuhan pada anak terganggu. Yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

BACA JUGA: Stasiun Baturaja Berangkatkan 210 Penumpang

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik).  Sehingga masyarakat hanya bisa menerima, tanpa berbuat untuk mencegahnya.  

Pencegahan stunting digaungkan pemerintah, agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal. Termasuk pula pemerintah Kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur. 

Dalam pelatihan penanganan dan pencegahan stunting yang digelar beberapa waktu, peserta yang merupakan kader Posyandu, diharapkan lebih peka melihat kondisi perkembangan anak. 

BACA JUGA: Babaranjang Tabrakan, 210 Tiket KA Dikembalikan

"Peserta pelatihan ada 50 orang semuanya kader Posyandu yang dekat langsung dengan masyarakat yang memiliki anak Balita,” ujar Lurah Sukaraya Desri Antonio. 

Pelatihan, dikatakan Desri dihadiri Camat Baturaja Timur Ogan Amrin, Kepala Puskesmas Sukaraya serta Kepala Dinas PMD OKU A Firdaus. 

"Pelatihan ini penting, karena berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Khususnya anak-anak yang menjadi generasi penerus,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: