banner pdam

Drumband Pesona Nada Harmoni SMPN 13 OKU Miliki Prestasi

Drumband Pesona Nada Harmoni SMPN 13 OKU Miliki Prestasi

Personil Drumband Pesona Nada Harmoni SMPN 13 OKU foto bersama.-Foto: Ist. (*)-

OKU, OKES.CO.ID - Setiap kegiatan ekstrakulikuler di sekolah pasti memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapai. Baik pramuka, basket, voli, seni tari ataupun drumband juga memiliki tujuan tersendiri. 

Drumband adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang memang tidak banyak sekolah memilikinya. Hanya beberapa sekolah yang memiliki orientasi bermusik dan seni saja yang melengkapi fasilitas drumband bagi anak didiknya. Salah satunya sekolah yang memiliki drumband yaitu SMPN 13 OKU, meski terbilang masih baru Drumband yang bernama drumband Pesona Nada Harmoni patut di perhitungkan di OKU.

BACA JUGA: Perundungan Terjadi di SDN 159 OKU, Disdik Jatuhkan Sanksi Tegas

"Ya masih terbilang baru sih untuk drumband Pesona Nada Harmoni ini, berdiri di tahun 2018 yang lalu. Bahkan di tahun berdiri tersebut kita langsung mengikuti lomba yang kebetulan sama dengan tahun ini yaitu lomba memperingati Hut PGRI ke 77 dan HGN tahun 2022,” kata Ketua Ekstrakurikuler Drumband Amar SPd melalui Sri Rodiah SPd pembina OSIS SMPN 13 OKU.

Ia mengungkapkan, latihan yang ketat selama 3 bulan, perjuangan para siswa meraih juara 2 dalam drumband HUT PGRI ke 73 dan HGN 2018. Selain itu juga meraih Juara 3 saat mengikuti parade drumband HUT PGRI ke 74 dan HGN tahun 2019.

BACA JUGA: Ribuan Pelajar Ikuti Jalan Sehat dan Parade Drumband

Drumband Pesona Nada Harmoni ini sendiri dibawah langsung arahan kepala SMPN 13 OKU Marzuan SPd MM, memiliki tujuan ekstrakulikuler selain untuk menambah keberagaman kegiatan ekstrakulikuler, juga untuk meningkatkan Kemampuan Seni Musik oleh anak - anak, membuat anak bekerja sama memainkan alat musik bersama teman. 

"Drumband juga akan mengajarkan kepada anak bagaimana cara bekerja sama untuk menghasilkan suara yang enak didengar. Anak akan saling bahu membahu dan belajar bagaimana mengatur diri dan kawan sekelompok dalam membunyikan alat musik yang baik dan benar. Drumband tidak bisa dimainkan dengan sembarangan dan sesuka hati. Oleh sebab itu, anak akan dituntut untuk mampu memainkan alat musik sesuai dengan aturan dan ketentuannya," jelasnya.

BACA JUGA: Pertemuan K3S Semidang Aji Bahas Penyusunan PKG dan SKP

Untuk itu anak - anak yang tergabung di drumband Pesona Nada Harmoni mengikuti latihan yang di adakan seminggu sekali di sekolahan. "Saat ini jumlah yang tergabung mencapai 80 anak, tapi yang aktif dan tim inti yaitu sebanyak 65 anggota. Mereka latihan setiap hari minggu di sekolah dengan didampingi pelatihnya," jelasnya.

Sumber: