Tiga Sikap Bijaksana Menghadapi Bencana

Tiga Sikap Bijaksana Menghadapi Bencana

Foto : Ust. Ahmad Yasin,S.H.I.,M.Pd.--

 إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ  

 

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali.  

 

Allah menjanjikan bagi orang yang mengucapkan kalimat tarji’ ketika terjadi musibah, akan mendapatkan rahmat dan anugerah dari Allah ﷻ, Allah akan memberikannya pahala dan pengganti yang lebih baik. Aamiin.  Jamaah shalat Jumat hafidhakumullâh, Terkait musibah gempa bumi, Nabi dalam Riwayat Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, juz I halaman 221 bersabda:

 

 حَدَّثَنَا حَفْصٌ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ شَهْرٍ، قَالَ: زُلْزِلَتِ الْمَدِينَةُ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنَّ رَبَّكُمْ يَسْتَعْتِبُكُمْ فَأَعْتِبُوهُ 

 

“Diceritakan dari Hafs, dari Laits dari Syahr, beliau menyatakan: Kota Madinah pernah mengalami goncangan di masa Nabi Muhammad ﷺ. Kemudian Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah ﷻ mengingatkan kalian, maka ingatlah pada Allah ﷻ’.” 

 

Gempa bumi juga terjadi di masa Sayyidina Umar bin Khattab radliyallâhu ‘anh. Dalam kitab Istidzkar, juz II, halaman 418 dikisahkan:

 

 رواه بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ صَفِيَّةَ قَالَتْ زُلْزِلَتِ الْمَدِينَةُ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ حَتَّى اصْطَكَّتِ السُّورُ فَقَامَ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ مَا أَسْرَعَ مَا أَحْدَثْتُمْ وَاللَّهِ لَئِنْ عَادَتْ لَأَخْرُجَنَّ مِنْ بَيْنِ أَظْهُرِكُمْ 

 

“Madinah pernah terjadi gempa di masa Umar radliyallâhu ‘anh hingga pagar bergerak, kemudian Umar berdiri dan memuji kepada Allah ﷻ. Kemudian Umar berkata, ‘Betapa cepatnya apa yang telah kalian perbuat, demi Allah jika gempa terjadi lagi, maka saya akan keluar dari sisi kalian’.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: