Tradisi Unik, Tangkap Ikan yang Tak Biasa

Tradisi Unik, Tangkap Ikan yang Tak Biasa

Foto : Anto/HOS.Ratusan warga menangkap ikan dengan jala di tebat bingkuk Desa Tebat Gabus Kecamatan Kisam Tinggi. Tradisi tahunan ini menyedot peserta dari desa tetangga.--

KISAM TINGGI – Menangkap ikan merupakan hal biasa. Namun jika dikemas dalam sebuah pesta rakyat, tentu hal ini tidak biasa. Nah, hal inilah yang terlihat di Desa Tebat Gabus Kecamatan Kisam Tinggi.

Masyarakat di desa itu, melakukan pesta tangkap ikan dengan jala yang dilakukan massal. Bahkan, daya tariknya sangat luar biasa. Karena pesertanya bukan saja dari desa setempat, tapi juga dari desa tetangga.

Ikan-ikan di tebat bengkok Desa Tebat Gabus menjadi target penangkapan pada pesta ini. Pesat digelar selama tiga hari. Berbagai jenis ikan ada di dalam tebat tersebut. Diantaranya ikan mas, nila, gurame, gabus dan ikan patin.

“Pesta ini sudah menjadi tradisi tahunan warga desa, dan pesertanya ada dari desa tetangga, “ ujar Fiki Milwin, tokoh pemuda di desa.

Tradisi tahunan ini digelar untuk mempererat silaturahmi dan persaudaraan. Untuk tahun ini pesertanya sebanyak 678 orang.

“Ada peserta mendapatkan ikan mas yang besar beratnya 17kg, "ungkap Fiki. (ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: