Lomba Literasi, Dongkrak Semangat Baca

Lomba Literasi, Dongkrak Semangat Baca

Foto : JEKI OKES/ Para siswa yang menampilkan presentasi dihadapan siswa lainnya.--

OKU, OKES.CO.ID - Budaya literasi makin hanyut ditelan era smartphone. Hampir semua orang selalu menyalahkan cepatnya perkembangan teknologi, sehingga menyebabkan anak - anak malas membaca.

 

Untuk meningkatkan gemar membaca, SMAN 4 OKU menggelar lomba duta literasi sekolah. Lomba pemilihan duta literasi sekolah ini, dilaksanakan selain program perpustakaan sekolah dan literasi, juga sebagai implementasi penguatan literasi sekolah untuk siswa dan guru di SMA Negeri 4 OKU.

 

"Kegiatan ini baru perdana dilaksanakan oleh SMAN 4 OKU, dan diikuti peserta sebanyak 16 orang dari kelas XI ada 4 orang dan Kelas X 12 orang, “ ujar Kepala Perpustakaan dan ketua pelaksana kegiatan, Vivi Maria MPd didampingi Febriani Wijaya SPd.

 

Peserta, sambung dia, akan melakukan presentasi kegiatan literasi sekolah dan kegiatan mereka setelah terpilih sehingga peserta dapat meningkatan kegiatan literasi di SMAN 4 OKU.

 

Tema paparan ini sendiri ada 2 yaitu gerakan membaca/literasi di sekolah, dan yang kedua peran siswa dalam mengembangkan literasi di sekolah," ungkapnya.

 

Selain itu, jam khusus membaca buku sudah dilakukan satu pekan sekali dengan durasi 30 menit, dan meresume hasil yang telah dibaca diserahkan ke guru.

 

"Jadi kegiatan membaca ini sudah berjalan di SMAN 4 OKU dan setiap hari jumat siswa siswi membaca selama 30 menit, setelah itu mereka akan meresume apa yang di baca dan nanti hasilnya akan di kumpulkan ke wali kelas masing - masing. Untuk literasi ini, kelas X membaca buku cerita rakyat, kelas XI  membaca buku fiksi, kelas XII membaca buku non fiksi," jelasnya.

 

Buku bacaan, sambung dia, dipinjam dari Perpustakaan sekolah. Karena koleksi buku di perpustakaan mencapai 5.000 buku. Atau jika ada di rumah, bisa dibawa.

 

"Jadi kita juga nantinya akan memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif berkunjung dan membaca. Sedangkan untuk duta literasi sendiri yang akan terpilih untuk masa bakti 2023 selama satu tahun dan akan diambil putra dan putri, mereka akan dinilai dari volume suara, penampilan, isi presentasi dan artikulasi," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: