Putar Haluan, Tanam Pepaya Kalifornia

Putar Haluan, Tanam Pepaya Kalifornia

--

OKES.CO.ID-OKU SELATAN - Saat ini sudah banyak masyarakat OKU Selatan yang paham manfaat program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Dengan harapan yang sudah pasti, yakni mendapat income secara ekonomi.

Irwan warga Lingkungan 3 Kelurahan Batu Belang, Kecamatan Muaradua, OKU Selatan salah satunya, baru ini mencoba untuk memutar haluan dengan membuka perkebunan Pepaya California.

Dia mengaku tertarik membuka kebun ini, karna perawatan yang tidak terlalu berat namun menjanjikan untung yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan.

"Jika dibandingkan kebun jagung, yang biaya perawatannya cukup berat terutama pupuk. Jadi saya memilih untuk membuka lahan kebun pepaya ini. Yah, ini memang ujicoba pertama saya membuka kebun pepaya, namanya mencari keberuntungan," ungkap Irwan. Minggu (14/5).

Dikatakannya, untuk ujicoba pertama kali ini dia mengaku membuka lahan hanya sekitar 1/2 hektar. Dengan jumlah bibit yang ditanam yakni dikisaran 500 batang.

Sepanjang perjalanan perawatan, dia mengaku belum mendapatkan kendala yang berat. Pupuk yang digunakan sambungnya, hanya menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. 

Namun, hasil tanaman yang tumbuh sejauh ini sangat bagus berkembang. "Sekarang ini usia tanaman yakni 70 hari. Tetu harapan besar saya, saat uji coba pertama nanti langsung dapatkan hasil maksimal, " jelasnya.

Disisi lain, terkait program GSMP untuk memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur menjadi lahan produksi, sebenarnya bukan hanya tanaman pepaya yang diterapkannya. 

Tetapi juga ada lahan satu kapling lagan didekat rumahnya dimanfaatkan untuk lahan tanaman sayuran dan bumbu dapur. Seperti sayur bayam, kangkung, Singkong, cabai, ranggam, tomat dan lainya. 

Lahan kebun tersebut, sambungnya, meskipun kecil namun punya manfaat cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Menurutnya, sejauh ini untuk kebutuhan sehari-hari dia sudah jarang membeli kebutuhan dapur, karena sudah ada di pekarangan rumahnya sendiri.

 

"Jadi memang, manfaatnya cukup besar untuk menekan ekonomi rumah tangga, lumayan menjanjikan kalau melihat kawan yang sudah melakukannya," terangnya. (Dal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: