8 Tips Merawat Kendaraan Listrik Agar Baterai Tetap Awet dan Tahan Lama

8 Tips Merawat Kendaraan Listrik Agar Baterai Tetap Awet dan Tahan Lama

--

 

3. Lakukan Pemeliharaan Berkala

 Ikuti jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh pabrikan. Ini termasuk pemeriksaan dan penggantian komponen yang perlu, seperti filter udara, rem, sistem pendingin, dan pelumasan.

 

4. Perhatikan Ban

Periksa tekanan udara pada ban secara teratur. Pastikan ban dalam keadaan yang baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang kurang terawat dapat mempengaruhi efisiensi dan keamanan kendaraan.

 

5. Gunakan Mode Pengendaraan yang Efisien

Kendaraan listrik sering dilengkapi dengan mode pengendaraan yang berbeda, seperti mode hemat energi atau mode regeneratif. Memahami dan menggunakan mode ini dengan bijak dapat membantu mengoptimalkan jarak tempuh dan efisiensi baterai.

 

6. Hindari Overloading

Jangan melebihi batas berat maksimum kendaraan atau kapasitas muatan yang ditentukan. Overloading dapat menyebabkan peningkatan stres pada komponen kendaraan, termasuk baterai.

BACA JUGA:Cermati ! Inilah 6 Cara Ampuh Terhindar dari Pinjol Ilegal

7. Simpan Kendaraan dengan Benar

Jika Anda menyimpan kendaraan listrik untuk jangka waktu yang lama, pastikan baterai dalam keadaan sehat dan terisi sekitar 50%. Hindari menyimpan kendaraan dalam suhu ekstrem dan pastikan baterai dijaga agar tidak terlalu habis atau terlalu penuh selama penyimpanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: