Bukan Jagung dan Karet, Inilah Hasil Pertanian OKU yang Dianggap Sektor Paling Penting

Bukan Jagung dan Karet, Inilah Hasil Pertanian OKU yang  Dianggap Sektor Paling Penting

ilustrasi-foto ist-

BATURAJAOKES.NEWS- OKES.disway.id/listtag/53911/oku">OKU (Ogan Komering Ulu) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Kabupaten ini memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Mayoritas masyarakat sebagian besar mempunyai pekerjaan sebagai Petani. 

Namun belakangan ini kabupaten OKU sedang gencar melakukan upaya penanaman Jagung. Hal itu untuk memenuhui target pemerintah dan permintaan pasar bertujuan mewujudkan  Kabupaten Ogan Komering Ulu bisa menjadi Lumbung penghasil jagung terbesar. 

Dengan begitu,  OKU yang dikenal juga dengan sebutan Bumi Sebimbing Sekundang menghasilkan hasil pertanian utama yang dihasilkan di Kabupaten OKU antara lain:

Padi: Kabupaten OKU memiliki lahan pertanian yang subur dan cocok untuk bercocok tanam padi. Padi merupakan salah satu komoditas utama yang dihasilkan di daerah ini.

Karet: OKU juga dikenal sebagai salah satu penghasil karet terbesar di Sumatera Selatan. Tanaman karet tumbuh subur di daerah ini dan menjadi sumber pendapatan penting bagi petani setempat.

Kopi: OKU juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi yang berkualitas. Kopi dari OKU memiliki citarasa yang khas dan banyak diminati baik di pasar lokal maupun ekspor.

Sayuran dan Buah-buahan: Selain tanaman utama seperti padi dan kelapa sawit, OKU juga menghasilkan berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, tomat, cabai, dan terong. Beberapa buah-buahan seperti durian, rambutan, dan mangga juga ditanam di daerah ini.

Jagung: OKU saat ini sedang memfokuskan meningkatkan hasil panen Jagung berkualitas. Jagung dari Kabupaten OKU saat ini juga sudah menjadi penyumbang yang diperhitungkan dalam industri Pangan ternak yang didapat dari petani jagung OKU. 

Kelapa Sawit: Pertanian kelapa sawit juga menjadi salah satu sektor penting di OKU. Banyak perkebunan kelapa sawit yang tersebar di wilayah ini, yang menghasilkan minyak kelapa sawit sebagai bahan baku utama dalam industri minyak kelapa sawit.

Ibu kota OKU adalah Baturaja yang dikenal. Kabupaten ini terkenal dengan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak Suku Ogan di Provinsi Sumatera Selatan.

Penduduk Ogan Komering Ulu berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 berjumlah 367.603 jiwa. Suku di daerah Ogan Komering Ulu, ogan (54.38%), jawa (24.83%), daya (7.35%), sunda (3.96%), Palembang (2.79%), Komering (2.14%).(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: