5 Kriteria Sah Hewan Kurban Menurut Ajaran Agama Islam

5 Kriteria Sah Hewan Kurban Menurut Ajaran Agama Islam

ilustrasi-foto ist-

OKES.NEWS - Hewan Qurban adalah hewan yang disembelih sebagai bagian dari ibadah kurban dalam agama Islam

Hewan yang desembelih untuk ibadah kurban, di hari raya idul adha, harus mememenuhi kriteria sahnya kurban.

Agar tidak salah saat memilih hewan kurban yang bakal diserahkan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Sala-salah Ibadah kurban bisa tidak diterimanya. Jadi harus kita pahami dengan benar tentang kriteria hewan yang bisa dijadikan hewan kurban.

BACA JUGA:PENTING!! Ini Kriteria Hewan Kurban yang Sah Menurut Syariat Islam

“Dari nabi SAW berkata: janganlah kalian menyembelih hewan kurban, kecuali sudah cukup umurnya, kecuali engkau memang benar-benar sulit tidak menemukan hewan dengan umur yang telah ditetapkan maka silahkan menyembelih hewan dibawah umur yang telah ditetapkan.” (HR Muslim)

Sedangkan batasan-batasan umur yang telah ditetapkan menurut para ulama, ada 3 jenis hewan kurban yang harus dipahami saat hendak melaksanakan ibdah kurban.

Jenis Domba atau kambing, kerbau atau sapi dan hewan unta. Jenis kambing atau domba usia 1 tahun lebih, jenis kerbau atau sapi usia 2 tahun lebih dan jenis unta usia 5 tahun.

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha, Polres OKU Sembelih 7 Hewan Qurban

Menurut ustad AHD selain usianya, keriteria hewan kurban juga dilihat dari bentuk fisik. sebagai mana hadits nabi yang disampaikan dari al barra bin ajib, diriwayatkan oleh imam abu daud yaitu ada 4 kondisi fisik hewan yang tidak diperkenankan untuk dijadikan hewan kurban yaitu hewan yang matanya buta, hewan yang sakit parah, hewan yang cacat hilang sebagian anggota dari tubuhnya dan hewan yang kurus.

firman allah SWT dalam al Qur’an.

Artinya”wahai nabi SAW pahamkan, sampaikan kepada ummatmu supaya mereka mengerti tentang kaidah kurban yang pertama kali diperintahkan pada dua anak adam AS. kisahkan kedua anak ini dengan kisah sebenar-benarnya.” (Qs: al maidah: 27)

“Hikmah dari berkurban adalah iktiar kita. untuk mendekatkan diri kepada allah SWT. dengan berkurban allah akan memudahkan kita saat memohon permintaan kita dalam doa. pada kesimpulannya bahwa berkurban haruslah dengan bersungguh-sungguh, iklas, dan takwa.” 

Ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi untuk hewan kurban yang sah, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: