Gawat, Obat Tradisional Ilegal Pemicu Gagal Ginjal dan Kanker Masih Beredar di Sumatera, BPOM Rilis Daftarnya

Gawat, Obat Tradisional Ilegal Pemicu Gagal Ginjal dan Kanker Masih Beredar di Sumatera,  BPOM Rilis Daftarnya

ilustrasi-foto ist-

Gawat, Obat Tradisional Ilegal Pemicu Gagal Ginjal dan Kanker Masih Beredar di Sumatera,  BPOM Rilis Daftarnya

OKES.NEWS- Belum lama ini badan pengawas nasional dan makanan (BPOM) telah merilis daftar sejumlah obat tradisional yang menjadi perhatian BPOM saat ini diduga masih beredar luas di pasaran dijual online dan offline.

Adapun kegelisahan yang saat ini diperhatikan  adalah dampaknya pada masalah kesehatan yang akan ditimbulkan bagi masyarakat luas. Terutama masalah kesehatan yang sangatlah rentan pada bagian penyakit dalam. 

Dari hasil penelusuran yang diterima. Beberapa bahan obat tradisional  yang dianggap ilegal tersebut  mengandung bahan kimia obat (BKO) dikenal dengan CMO berbahaya.

BACA JUGA: Narkoba Racuni Baturaja, Yoyong dan Cungcung Meringkuk di Sel Tahanan Polres OKU, Siapa Menyusul

Bahan Kimia yang dimaksud adalah pemicu dari kerusakan pada ginjal dan kanker. Dengan begitu, bahaya sangatlah rentan dengan penyebab kematian. 

Data ini diambil dari  Januari 2022 hingga April 2023, penyebaran obat tradisional ilegal terdeteksi sebanyak 57.826 link berdasarkan hasil patroli siber terkait obat dan makanan ilegal.

"Obat  tradisional yang mengandung bahan kimia obat berisiko terhadap kesehatan organ tubuh, seperti ginjal dan hati," ungkap Kepala BPOM RI Penny K Lukito, Selasa, 04 Juli 2023 seperti dikutip dari radarutara.id.(disway)

BACA JUGA:BKKBN Ingatkan Dampak Buruk Stunting Bagi Masa Depan Indonesia

Bahan kimia obat (BKO)adalah senyawa kimia atau zat yang digunakan dalam formulasi dan produksi obat. Bahan kimia obat dapat berupa bahan alami, sintetis, atau semi-sintetis, yang memiliki sifat farmakologis tertentu dan digunakan untuk mengobati, mencegah, atau mendiagnosis penyakit.

Bahan kimia obat biasanya memiliki struktur kimia yang kompleks dan dirancang untuk berinteraksi dengan target khusus dalam tubuh, seperti reseptor atau enzim, untuk menghasilkan efek farmakologis yang diinginkan. Mereka dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk serbuk, kristal, cairan, atau padatan.

 

Proses pengembangan bahan kimia obat melibatkan tahap penelitian, sintesis atau isolasi, uji praklinis, uji klinis, dan persetujuan regulasi sebelum dapat digunakan secara medis. Setelah itu, bahan kimia obat tersebut dapat digunakan dalam pembuatan produk farmasi seperti tablet, kapsul, sirup, suntikan, atau bentuk dosis lainnya.

Adapun daftar yang telah diterima sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: