Simak Ini Masukan untuk Pengelola Jalan Tol dari Para Pakar

Simak Ini Masukan untuk Pengelola Jalan Tol dari Para Pakar

Melintasi jalan tol juga menjadi arena wisata --

Simak Ini Masukan untuk Pengelola Jalan Tol dari Para Pakar 

OKES.NEWS-Ada pernyataan dan masukan menarik dari peneliti tata lingkungan, soal pembangunan jalan tol yang saat ini terus dikebut oleh pemerintah. 

Menurut Sudirman selaku Narasumber Penilai Tata Lingkungan mengatakan pada tahun 2024 seluruh ruas jalan tol diharapkan menjadi jalan tol yang mempunyai karakter keanekaragaman hayati.

Salah satu contohnya adalah terowongan gajah yang terdapat di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dimana telah memiliki identitas dan daya tarik tersendiri.

Karakter terowongan gajah ini bisa diangkat oleh ruas Jalan Tol Pekanbaru Dumai yang merupakan jalan tol di Indonesia satu-satunya yang memiliki terowongan gajah. 

Hal ini dapat dikemas dengan karakter sehingga identitas keanekaragaman hayati itu bisa melekat di ruas ini. 

''Karakter ini tetap harus diperhatikan,  nilai keindahannya dengan baik karena salah satu poin dari jalan tol berkarakter ini adalah bagaimana lanscape ini tetap indah dan nyaman dipandang dari segala segi aspek” ujar Sudirman.

Diketahui terdapat 5 terowongan gajah pada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang berada di Km 61, Km 69, Km 71, dan Km 74 yang berdekatan dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

BACA JUGA:Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

Dengan tetap mengedepankan unsur ekosistem 5 terowongan gajah ini dibangun mengingat daerah tersebut merupakan daerah yang kerap dilintasi kawanan gajah. 

Adanya terowongan ini memungkinkan kawanan gajah dapat berpindah dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan komitmen Pemerintah untuk terus menjaga keanekaragaman hayati tanpa menganggu habitat gajah. 

Terowongan ini juga telah dilengkapi landscape berisikan berbagai jenis tanaman-tanaman yang diminati gajah. 

Sudirman menambahkan, selaras dengan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai bahwa pada Jalan Tol Pekanbaru-Padang juga diharapkan menjadi salah satu jalan tol berkarakter. 

Jalan Tol yang sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada bulan Januari 2023 ini sudah bagus untuk ruas tol yang baru beroperasi dilihat dari jenis tanamanan yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: