Atasi Kekerasan Anak, Pemkab OKU Selatan Gandeng Kepolisian

Atasi Kekerasan Anak, Pemkab OKU Selatan Gandeng Kepolisian

RAKOR-Pihak Dinas PPKBPP dan PA OKU Selatan dan Polres OKU Selatan lakukan rapat koordinasi. (Foto:Hos)--

Atasi Kekerasan Anak, Pemkab Gandeng Kepolisian

MUARA DUA- OKES.NEWS, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) bekerja sama dengan kepolisian untuk mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak di wilayah tersebut. 

Kepala Dinas PPKBPP dan PA OKU Selatan, Umu Manazilawati SKM MM, menyatakan keprihatinannya atas kejadian kekerasan seksual yang baru-baru ini menggemparkan masyarakat.

Beberapa waktu lalu, terjadi peristiwa tindak asusila oleh seorang ayah terhadap anaknya sendiri di wilayah Bendi, Kecamatan Buay Rawan, dan Talang Sebaris Kecamatan Muaradua. 

“Setelah menerima informasi tentang dua kasus tersebut, pihaknya bersama tim penyidik unit PPA Reskrim Polres OKU Selatan langsung turun ke lapangan untuk memeriksa kondisi korban,” kata Umu Manazilawati SKM MM, Sabtu (5/8).

BACA JUGA:Anda Sayang Anak? Harus Tahu Berikut Ini Upaya Mencegah Penularan Hepatitis B

Menghadapi peristiwa ini, Dinas PPKBPPcdan PA OKU Selatan akan berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan pencegahan kekerasan terhadap anak. 

Meskipun telah dilakukan sosialisasi pencegahan di empat kecamatan sebelum kejadian. Yaitu Kecamatan Muaradua, Buay Sandang Aji, Tiga Dihaji, dan Buay Rawan. “Namun, kasus kekerasan masih terjadi,” imbuh Umu Manazilawati SKM MM.

Untuk itu, Dinas PPKBPPdan PA OKU Selatan berkoordinasi dengan Polres OKU Selatan untuk menyelenggarakan sosialisasi kepada seluruh kepala desa di Kabupaten OKU Selatan agar pengawasan dapat ditingkatkan. 

Kepala desa diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyampaikan pesan pencegahan kekerasan terhadap anak dan perempuan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Sepakat Buka Kembali Penutupan Jalan Objek Wisata Pulau Sungai Desa Keban Agung OKU

Dengan langkah ini, pihak pemerintah berharap agar semua pihak dapat memberikan pemahaman dan pengawasan yang lebih ketat guna mencegah kekerasan seksual terhadap anak di wilayah Kabupaten OKU Selatan. (Dal)

BACA JUGA:OKU Raih Banyak Penghargaan Nasional, Ada yang Berpredikat Tinggi, Ini Daftar Lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: