Hanya harga bawang merah dan bawang putih yang alami kenaikan

Hanya harga bawang merah dan bawang putih yang alami kenaikan

STABIL: Beberapa kebutuhan pokok di Kabupaten OKU Selatan stabil. Hanya harga bawang merah dan bawang putih yang alami kenaikan. (Foto: HOS)--

MUARA DUA- OKES.NEWS, Beberapa pekan terakhir, harga bawang merah dan bawang putih di beberapa pasar tradisional di  Kabupaten OKU Selatan alami kenaikan. 

Dimana, bawang merah saat ini mencapai Rp45 ribu per kilogram. Harga tersebut naik sebesar 10 persen dibandingkan dengan harga sebelumnya. 

Sementara itu, bawang putih juga mengalami kenaikan sekitar 8%. Saat ini bawang putih tembus Rp50 ribu per kilogram.

Melonjaknya harga bawang merah dan bawang putih diduga karena beberapa sebab. Terutama soal cuaca yang mempengaruhi produksi dan pasokan.

“Mungkin gara-gara kondisi cuaca tidak menentu ini. Sehingga, harga menjadi naik. Karena, kemungkinan produksi para petani turun,” kata salahsatu pedagang.

BACA JUGA:Terkuak, Pelaku Pembunuhan Mahasiswa UI Terjerat Pinjol Rp 80 Juta, Hingga Merugi di Investasi Kripto

Sementara, salahsatu pembeli mengeluh dengan kenaikan harga tersebut. Sehingga, dirinya harus mengurangi jumlah belanjanya. “Kurangi saja belinya. Irit-irit gunakan bawang,” ungkap salahsatu pembeli, Eti.

Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih tak diikuti beberapa bahan kebutuhan lainnya. Seperti cabai kecil dan cabe besar tetap berada pada kisaran Rp50 ribu per kilogram,

Sementara tomat dijual sekitar Rp12 ribu per kilogram. Harga kentang dan terong ungu juga cenderung stabil, masing-masing di kisaran Rp18 ribu dan Rp10 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Kaya akan mistik, mustika batu pengasihan semar mesem diburu hingga menjadi incaran kolektor inikah khasiatnya

Sementara itu, komoditas pangan lainnya seperti beras mengalami penurunan harga dari hasil panen, sekitar Rp12 ribu per kilogram. Namun, harga beras dari pabrik masih tetap bertahan di angka Rp13 ribu per kilogram. (*)

BACA JUGA:OKU Raih Banyak Penghargaan Nasional, Ada yang Berpredikat Tinggi, Ini Daftar Lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: