5 Kiat Sukses Dalam Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Semoga Bermanfaat

5 Kiat Sukses Dalam Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Semoga Bermanfaat

ilustrasi--

5 Kiat Sukses Dalam Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Semoga Bermanfaat

OKES.NEWS- Untuk bisa sukses dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, kita harus tahu dulu alur seleksinya. 

Biasanya, proses pendaftarannya dilakukan secara online di SSCN BKN menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) asli, akte kelahiran/surat keterangan lahir, pas foto 4x6, swafoto (selfie), ijazah asli, transkrip nilai asli, surat lamaran, surat pernyataan, dan surat lain-lain yang mungkin dibutuhkan.

Setelah tahu alur seleksinya, kita juga harus memperhatikan persyaratan pendaftarannya, nih gaes.

Biasanya, persyaratannya meliputi pendidikan terakhir, usia, dan kemampuan tertentu yang sesuai dengan formasi yang dibuka.

Nah, pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan ini, ya. Jangan sampai kecewa gara-gara gak memenuhi salah satu syaratnya, kan?

BACA JUGA:Prediksi Kapan Kartu Prakerja Gelombang 60 Tahun 2023 Dibuka, Catat agar lulus seleksi!

Selain itu, juga perlu melakukan persiapan lain, seperti memahami contoh surat lamaran dan surat pernyataan, agar bisa membuatnya dengan baik dan benar. 

Kreativitas dalam menulis surat ini bisa menjadi nilai tambah, loh! Selain itu,  juga perlu rajin belajar dan mengasah kemampuan agar bisa melewati tes seleksi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk sukses dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023:

Pahami alur seleksi. Seleksi CPNS dan PPPK biasanya terdiri dari beberapa tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), dan seleksi wawancara. Pahami setiap tahapan seleksi dan persiapkan diri dengan baik.

BACA JUGA:Kecanduan Higgs Domino Island: Berikut Panduan Berhenti Bermain Game yang Diblokir oleh Kominfo

Pelajari materi seleksi. Materi seleksi CPNS dan PPPK biasanya berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Kemampuan Dasar (TKD). 

Pelajari materi-materi tersebut dengan baik agar dapat menjawab soal dengan lancar dan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: