Dapat Pesanan dari Jakarta hingga Bali

Dapat Pesanan dari Jakarta hingga Bali

KREATIF: Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Martapura sedang membuat kerajinan patung naga dan burung. --

MUARA DUA - OKES.NEWS, Hasil kerajinan dari Lapas Kelas IIB Martapura, seperti patung naga, asbak, dan pot kembang, telah dipesan oleh pelanggan di Jakarta dan Bali. 

Kepala Lapas Klas IIB Martapura, Edi Saputra, melalui Kasubsi Kegiatan Kerja, Dicki Novriandi, menyatakan hal ini pada Selasa, 5 September 2023.

Dicki menjelaskan bahwa kerajinan ini merupakan karya dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Martapura. 

“Selain memberikan pembinaan keperibadian, Lapas ini juga memberikan pelatihan keterampilan kepada WBP untuk persiapan ketika mereka bebas kelak,”kata Dicki Novriandi. 

BACA JUGA:Segini Kerugian Negara dalam Kasus Distribusi dan Pengolahan Semen Baturaja

Selain karya seni seperti patung naga dan asbak, para WBP juga dilatih dalam pembuatan pot kembang, mebel, perikanan, perkolaman, hingga bonsai. 

Saat ini, mereka juga sedang mengembangkan pelatihan dalam bidang las. “Kami telah berkolaborasi dengan pihak ketiga, seperti Dinas Perikanan, Dinas Tenaga Kerja, dan Disprindag,” smabung Dicki Novriandi.

Patung naga dan asbak motif merupakan produk yang paling banyak dipesan oleh pembeli. Yang membuat hasil kerajinan ini unik adalah bahan baku yang digunakan, yaitu limbah karpet telur atau kardus dari dapur. 

Bahan ini kemudian diolah dengan bahan seperti putih, lem, dan kawat untuk membentuk kerajinan tersebut.

Dengan adanya banyak pengrajin, sekitar 25-30 orang, Lapas ini mampu memproduksi sekitar 50 buah kerajinan dalam sehari. 

BACA JUGA:Claim Saldo DANA Kaget Rp350.000 Gratis Tempelkan Linknya Disini

Produk kerajinan ini dipasarkan melalui media sosial (medsos) dan telah mendapatkan pesanan dari luar Sumatera Selatan, seperti Jakarta hingga Bali. 

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di akun media sosial Lapas IG: lapas_martapura, FB: Lapas Martapura, dan situs web: lapasmartapura.kemenkumham.go.id.

Harga kerajinan bervariasi tergantung pada ukuran dan kerumitan pembuatannya, dengan kisaran harga antara Rp100 ribu hingga Rp600 ribu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: