Dinas Kesehatan OKU Ingatkan Musim Kemarau, Waspada Diare

Dinas Kesehatan OKU Ingatkan Musim Kemarau, Waspada Diare

KUALITAS MENURUN: Warga diimbau agar tidak mengkonsumsi air sungai lantaran musim kemarau seperti saat ini kualitasnya menurun dan rawan menimbulkan penyakit. -(Foto: Dedi/OKES)-

Dinas Kesehatan OKU Ingatkan Musim Kemarau, Waspada Diare

BATURAJA- OKES.NEWS, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan peringatan kepada masyarakat untuk menghindari konsumsi air minum yang berasal dari sungai. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit diare.

Menurut Kepala Dinkes OKU, Dedy Wijaya, musim kemarau yang sedang berlangsung mengakibatkan berkurangnya pasokan air bersih. Hal ini menyebabkan kualitas air sungai menurun dan berpotensi tercemar oleh bakteri dan virus.

BACA JUGA:Profil Rebbeca Klopper yang Dikaitkan Dengan Video Durasi 4 Menit Mirip Dirinya

“Musim kemarau ini mengakibatkan dua jenis penyakit yang perlu diwaspadai, yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare,” ucapnya di Baturaja, Jum’at (8/9).

Selain itu, sebagian besar masyarakat, terutama di wilayah pedesaan, bergantung pada Sungai Ogan sebagai sumber air sehari-hari. Perilaku membuang sampah ke sungai juga turut memperparah kualitas air sungai.

BACA JUGA:Bank SumselBabel Salurkan Zakat dari Penghasilan Pegawai, Gubernur Herman Deru Apresiasi

Hingga saat ini, Dinkes OKU mencatat terdapat lebih dari 1.100 kasus penderita diare di Kabupaten OKU. Sebagai langkah antisipasi, Dinkes OKU saat ini intensif melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kami melibatkan tenaga kesehatan di seluruh puskesmas di Kabupaten OKU untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk diare,” tutupnya.(r15).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: