Desa di Kecamatan Lengkiti Sumsel Terdapat Kutukan Batu Kerbau, Konon Peninggalan Si Pahit Lidah

Desa di Kecamatan Lengkiti Sumsel Terdapat Kutukan Batu Kerbau, Konon Peninggalan Si Pahit Lidah

BATU KUTUKAN: Batu kerbau terletak di pinggiran sungai desa tihang kecamatan lengkiti, OKU-sumsel.-FOTO: Bagus Agrar -

Desa Ini Menyimpan Batu Kerbau Konon Kutukan Si Pahit Lidah, Lokasi di Kecamatan Lengkiti Sumsel

OKES.NEWS,  Desa Tihang, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, terdapat sebuah cerita rakyat tentang Si Pahit Lidah yang sangat terkenal di Provinsi Sumatera Selatan.

Desa Tihang merupakan desa tertua di kecamatan tersebut. Di desa ini, terdapat dua buah batu besar yang dipercaya sebagai peninggalan Si Pahit Lidah. Batu pertama disebut sebagai batu Tihang, sedangkan batu kedua disebut sebagai batu kerbau.

Menurut cerita rakyat, Si Pahit Lidah adalah seorang pendekar sakti yang memiliki kesaktian untuk mengutuk dengan lidahnya yang pahit. Pada suatu hari, Si Pahit Lidah melewati Desa Tihang. 


Batu tihang -foto:Bagus Agrar Budiansyah-

Saat itu, ia melihat sebuah batu besar menghalangi jalannya. Dengan kekuatannya, Si Pahit Lidah memotong batu tersebut menjadi dua bagian.

BACA JUGA:Kenalkan Cerita Legenda Gua Harimau Di Festival Sriwijaya XXXI Tahun 2023, Tim Kesenian OKU Tampil Memukau

Selain itu, Si Pahit Lidah juga mengutuk seekor kerbau dan anaknya yang sedang minum di sungai. Kerbau dan anaknya tersebut berubah menjadi batu.

Kini, batu Tihang dan batu kerbau tersebut menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Warga Desa Tihang berharap agar objek wisata ini lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Menurut sumber, desa Tihang dusun 1 merupakan desa terlama dari desa lainnya. Dikelilingi sungai yang membentuk huruf U

"Dulu si pahit lidah melewati Desa Tihang ini, dan saat melewati desa, Si Pahit Lidah memotong batu Tihang menjadi 2 karena menghalangi jalurnya dan juga mengutuk se ekor kerbau dan anaknya." Ucap Arlius sembari menujukkan batu yang dimaksud.

BACA JUGA:Legenda Puyang Tanjung Siman & Kisah Mistis Desa Gaib yang Tak Kasat Mata di OKU

Dibawah batu tihang tersebut, sambung Arlius, terdapat juga sebuah gua yang terhubung dengan batu lainnya. 

"Dibawah batu ini terdapat gua, pernah ada yang lempar kelapa kedalam nya kemudian keluar di batu tihang ini, tapi gua awal sudah tertutup kayu sekarang,"ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: